Harga Bawang Putih Terus Naik | suaramerdeka.com

Sabtu , 24 Juni 2017

Home » SmCetak » Harga Bawang Putih Terus Naik

Harga Bawang Putih Terus Naik

22 April 2017 0:01 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-

BANJARNEGARA- Harga bawang putih di Pasar Kota Banjarnegara menunjukkan tren kenaikan sejak tiga pekan terakhir. Diperkirakan harga akan terus naik menjelang Ramadan dan Lebaran. Salah seorang pedagang sayur, Muhail mengatakan, harga bawang putih menunjukkan kenaikan sejak tiga pekan lalu.

Sebelumnya, harga eceran berksiar Rp 35.000 per kilogram. Namun, saat ini sudah menembus Rp 55.000 per kilogram. ”Perlahan tapi pasti, harganya terus naik,” katanya, Jumat (21/4). Kenaikan harga tersebut, lanjut Muhail, disebabkan berkurangnya pasokan. Bahkan, beberapa pedagang sayur dan bumbu masak saat ini tidak mudah untuk mendapatkan bawang putih. Sedangkan permintaan konsumen dinilai masih wajar karena tidak ada momen hajatan.

”Tapi kalau pasokan berkurang, pasti harga naik,” ujarnya. Dia memperkirakan, harga bawang putih akan terus meningkat mengingat sudah mendekati Ramadan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, konsumsi masyarakat dipastikan meningkat selama Ramadan dan Lebaran.

”Jika tidak ada tambahan stok, bisa jadi harganya bakal melambung saat Ramadan,” ungkapnya. Diakui, sebagian pembeli mengeluhkan kenaikan harga bumbu masak tersebut yang cukup signifikan. Namun, sebagai pedagang dirinya tidak bisa berbuat banyak mengingat pasokan bawang putih tergangtung dari suplier.

”Kami sih maunya harga normal, yang penting penjualan lancar,” ujarnya. Pedagang lain, Jamilah pun mengungkapkan hal yang sama. Dampak kenaikan harga itu, pembeli mengurangi belanja bawang putih. Karena bawang putih merupakan salah satu bumbu masak utama. ”Yang biasanya beli 1 kilogram, sekarang hanya setengahnya,” tuturnya.

Sedangkan harga cabai rawit yang sempat bertahan tinggi di kisaran Rp 70.000 per kilogram turun drastis menjadi Rp 30.000 per kilogram. Bahkan, cabai rawit setan yang sempat tembus Rp 120.000 per kilogram kini turun menjadi Rp 45.000 per kilogram. Pedagang menduga, turunnya harga cabai karena saat ini sebagian besar petani cabai sudah memasuki masa panen. (K36-62)

Comments

comments

Harga Bawang Putih Terus Naik Reviewed by on . BANJARNEGARA- Harga bawang putih di Pasar Kota Banjarnegara menunjukkan tren kenaikan sejak tiga pekan terakhir. Diperkirakan harga akan terus naik menjelang Ra BANJARNEGARA- Harga bawang putih di Pasar Kota Banjarnegara menunjukkan tren kenaikan sejak tiga pekan terakhir. Diperkirakan harga akan terus naik menjelang Ra Rating: 0
scroll to top