Guru Diminta Tanamkan Budi Pekerti | suaramerdeka.com

Senin , 26 Juni 2017

Home » SmCetak » Guru Diminta Tanamkan Budi Pekerti

Guru Diminta Tanamkan Budi Pekerti

22 April 2017 0:03 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-

BANJARNEGARA - Para guru diminta tidak hanya melaksanakan tugas dan kewajibannya mengajar kepada peserta didik. Melainkan, berkewajiban memberikan pendidikan karakter agar generasi muda memiliki budi pekerti luhur. Hal itu dikatakan Pejabat Bupati Prijo Anggoro, saat mengunjungi SMA1 Banjarnegara, belum lama ini.

“Saat ini fungsi guru tidak semata-mata membantu siswa meraih prestasi akademiknya atau membuat pelajar lihai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi,” kata dia Sekolah mempunyai kewajiban untuk menumbuhkan budi pekerti dan berkarakter positif kepada peserta didiknya.

Guru bukan lagi hanya sebagai tenaga pengajar, melainkan sebagai tenaga pendidik. Jika tenaga pendidik diterjemahkan dalam arti luas, maka akan membawa integritas anak didik lebih baik dan budi pekerti anak muncul.

Sekolah Pertama

Selain itu, Anggoro juga menyebut keluarga adalah sekolah pertama anak belajar budi pekerti. Untuk itu, Anggoro mengingatkan kepada orangtua untuk memberi contoh baik kepada mereka.

Sehingga ia berharap, reformasi pendidikan khususnya pendidikan karakter di setiap jenjang, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), hingga sekolah menengah harus dibangun secara kokoh. “Dengan pendidikan karakter yang kuat, siswa akan mampu menghormati orang-orang di sekitarnya. Utamanya orang tua dan sang guru,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Nur Tamami menambahkan, untuk memperkuat karakter guru dalam memberikan pendidikan karakter siswa, pihaknya juga sering menyampaikan kepada guru guru MGMPpada setiap pertemuan. “Kami selalu menekankan kepada guru mata pelajaran, terutama guru agama, bahasa dan guru lainnya agar bisa menanamkan pendidikan karakter kepada siswanya,” kata dia.

Menurutnya, peran orang tua juga sangat vital dalam pembentukan karakter siswa atau anak. Untuk itu komunikasi antara orang tua dan guru juga perlu dilakukan agar ada kesamaan visidalam pendidikan karakter siswa.(J3-59)

Comments

comments

Guru Diminta Tanamkan Budi Pekerti Reviewed by on . BANJARNEGARA - Para guru diminta tidak hanya melaksanakan tugas dan kewajibannya mengajar kepada peserta didik. Melainkan, berkewajiban memberikan pendidikan ka BANJARNEGARA - Para guru diminta tidak hanya melaksanakan tugas dan kewajibannya mengajar kepada peserta didik. Melainkan, berkewajiban memberikan pendidikan ka Rating: 0
scroll to top