FPM Intensifkan Pengenalan Produk Lokal | suaramerdeka.com

Minggu , 30 April 2017

Home » SmCetak » Fokus Jateng » FPM Intensifkan Pengenalan Produk Lokal

FPM Intensifkan Pengenalan Produk Lokal

22 April 2017 0:04 WIB Category: Fokus Jateng, SmCetak A+ / A-

REMBANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pekerja Mandiri (FPM) Jateng mengintensifkan mengenalkan produk lokal dari berbagai daerah ke daerah lain. Hal itu terus dilakukan salah satunya melalui ajang pameran di berbagai kota.

Seperti pameran UMKM yang digelar di Kabupaten Rembang, Kamis hingga Jumat (20-21/4), FPM Jateng sengaja membawa berbagai produk lokal dari berbagia daerah, seperti Banjarnegara, Wonosobo dan Kudus.

Produk-produk lokal itu diharapkan bisa lebih dikenal oleh masyarakat, setidaknya di 35 kabupaten/ kota di Jateng. Ketua DPD FPM Jateng, Mei Sulistyaningsih mengatakan, dari awal lembaganya memang berkomitmen menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan, terutama di bidang ekonomi.

”Kami dari awal ingin menjembatani pemerintah dengan pekerja mandiri. Kami rutin terlibat di berbagai ajang pameran untuk mengenalkan produk-produk kearifan lokal yang punya daya potensi untuk dijual. Ini untuk pemberdayaan ekonomi lokal,” terang dia.

Saat ini FPM juga tengah menjajaki bekerja sama dengan DPC FPM dari berbagai provinsi untuk barter produk kearifan lokal. Sehingga proudk kearifan lokal bisa cepat dikenal oleh pasar luar daerah. Misalnya, di Medan ada durian yang sudah fenomenal. FPM Jateng siap menerima produk tersebut. Dengan catatan produkproduk lokal Jateng juga bsia dibantu dikenalkan dan dipasarkan ke luar daerah.

”Dari Banjarnegara kami punya carica, chang chahe pletok, jus terong belanda, manisan salak. Itu adalah produk-produk lokal yang layak jual. Makanya kami terus menggandeng pemerintah untuk bisa mengenalkan itu ke luar daerah,” terang dia. Sementara itu, koordinator produk lokal Banjarnegara, Khoiron mengatakan, produkproduk daerah yang dipasarkan memang memiliki karakter tersendiri.

Jika dikelola secara baik hal itu akan menjadi daya tarik dan menguntungkan dari sisi ekonomi. ”Di Banjarengara memang banyak produk makanan lokal yang sangat khas. Para industri rumah tangga di sana cukup inovatif mengemasnya dalam dunia bisnis,” ujar dia. (lee-41)

Comments

comments

FPM Intensifkan Pengenalan Produk Lokal Reviewed by on . REMBANG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pekerja Mandiri (FPM) Jateng mengintensifkan mengenalkan produk lokal dari berbagai daerah ke daerah lain. Hal itu t REMBANG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pekerja Mandiri (FPM) Jateng mengintensifkan mengenalkan produk lokal dari berbagai daerah ke daerah lain. Hal itu t Rating: 0
scroll to top