Elf dan Pikap Laik Jalan | suaramerdeka.com

Jumat , 26 Mei 2017

Home » SmCetak » Elf dan Pikap Laik Jalan

Elf dan Pikap Laik Jalan

Kecelakaan di Jalur Wisata Guci

21 Maret 2017 0:21 WIB Category: SmCetak, Suara Pantura A+ / A-

SLAWI – Sehari setelah kejadian kecelakaan maut yang melibatkan minibus (Elf) dan pikap di jalur wisata Kalibakung- Guci, Kabupaten Tegal, Minggu (19/3), Satlantas Polres Tegal bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal dan Kota Tegal mengecek kelaikan kendaraan tersebut. Pemeriksaan dilakukan Senin (20/3) pagi di LPKS Taruna Jaya, tempat kendaraan tersebut kini diamankan.

Kasat Lantas Polres Tegal AKP Yoppy Anggi Krisna melalui Kanit Laka Ipda Zaenudin menyebutkan, pengecekan kendaraan melibatkan Dishub Kota Tegal karena minibus G 1437 AE, yang terlibat kecelakaan merupakan kewenangan Dishub Kota Tegal. Sementara Dishub Kabupaten Tegal mengecek pikap, yang kondisinya rusak parah.

Menurut Zaenudin, saat kejadian minibus membawa 22 orang sedangkan pikap membawa sembilan orang. Dari pengecekan Dishub Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, kedua kendaraan tersebut masih dalam kondisi laik jalan. ”Masa uji berkala untuk Elf sampai 28 Agustus 2017, demikian pula untuk pikap masa berlaku uji berkala sampai 13 Agustus 2017,” kata petugas penguji kendaraan dari Dishub Kabupaten Tegal Waras Sugiharto mewakili Kasi Wasdalop dan PKB Dishub Kabupaten Tegal, Widodo Triono.

Bantalan Pedal Rem

Waras menyebutkan, pengecekan yang dilakukan pagi itu meliputi keseluruhan item , seperti bentuk bodi, transmisi, ban dan handrem. ”Semuanya dalam keadaan normal dan laik jalan sesuai dokumen. Untuk pikap dan Elf masih berlaku uji KIR-nya,” ucapnya.

Hanya saja, saat dilakukan pemeriksaan pada bagian pedal rem dan gas, tidak ditemukan adanya bantalan karet sesuai standar. ”Hasil pemeriksaan Dishub ditemukan bagian pedal rem minibus tidak ada bantalan karet. Diperkirakan pada saat mengerem meleset dan sopir dari atas arah Selatan dalam kondisi kecepaatan tinggi. Pengecekan rem yang dilakukan dapat berfungsi normal,” jelas Zaenudin.

Selain tidak ada bantalan karet pada pedal rem, Dishub juga menyatakan minibus telah melakukan penyimpangan trayek. Kendaraan tersebut memiliki trayek Tegal-Losari, namun melintas kearah Guci. Sementara itu, kendaraan tidak dilengkapi izin insendil dari Dishub Provinsi. Sementara itu, KBO Lantas Iptu Bambang Marsudiyanto mengatakan, hingga kemarin proses pemeriksaan terhadap supir Elf, Sunarto (48) masih dilakukan.

Karena mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pengemudi bisa dikenai ancaman hukuman sesuai pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, yakni dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12 juta. Selain dilakukan pengecekan dari Dishub Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, secara bersamaan Tim Traffic Accident Analysis Polda Jateng juga diturunkan untuk mengecek kendaraan dan olah TKPdi jalur wisata Kalibakung-Guci. Tim terdiri atas enam orang itu dipimpin Kasi Laka Subdit Gakum Ditlantas Polda Jateng Kompol Widada. (H45-15)

Comments

comments

Elf dan Pikap Laik Jalan Reviewed by on . SLAWI - Sehari setelah kejadian kecelakaan maut yang melibatkan minibus (Elf) dan pikap di jalur wisata Kalibakung- Guci, Kabupaten Tegal, Minggu (19/3), Satlan SLAWI - Sehari setelah kejadian kecelakaan maut yang melibatkan minibus (Elf) dan pikap di jalur wisata Kalibakung- Guci, Kabupaten Tegal, Minggu (19/3), Satlan Rating: 0
scroll to top