Dibuka Tahap II | suaramerdeka.com

Minggu , 25 Juni 2017

Home » SmCetak » Dibuka Tahap II

Dibuka Tahap II

Kuota Belum Terpenuhi

20 Juni 2017 0:28 WIB Category: SmCetak, Solo Metro A+ / A-

SOLO – Jumlah siswa baru di sejumlah SMA/SMK di Kota Solo belum memenuhi daya tampung setelah hasil seleksi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN di Jawa Tengah diumumkan, Senin (19/6).

Untuk memenuhi daya tampung SMAN/SMKN yang masih menyisakan kuota tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah akan membuka pendaftaran untuk memenuhi daya tampung tersebut mulai kemarin dan hari ini. Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah Khusus (BP2- MK) Wilayah III Disdikbud Jawa Tengah, Kartono mengemukakan, untuk pendaftaran tahap kedua ini sekolah tidak boleh menambah daya tampung. ”Jadi harus sesuai daya tampung yang sudah ada saat ini.

Untuk pendaftaran kali ini juga online, dibuka mulai Senin pukul 10.00 hingga Selasa sampai pukul 15.00. Namun pendaftaran kali ini hanya menggunakan SHUN (nilai UN),” terangnya.

Pendaftaran tahap kedua atau untuk memenuhi daya tampung sekolah ini akan diumumkan secara online pada Rabu (21/6). Selain itu, Kartono mengatakan, pada tahap kedua ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak lagi memberlakukan kuota siswa luar kota atau rayonisasi untuk SMAN. Salah satunya karena Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempertimbangkan, di antaranya, ada sejumlah SMAN yang kekurangan siswa ini berlokasi di wilayah pinggiran sehingga pendaftarnya justru lebih banyak yang berasal dari luar kota/kabupaten, bahkan luar provinsi.

Kartono mengatakan, dari pelaksanaan PPDB untuk SMAN/SMKN hingga sementara ini akan menjadi evaluasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Di Kota Solo, sekolah yang masih kekurangan siswa yakni SMAN 8 masih menyisakan daya tampung sebanyak 34 orang. Adapun untuk SMKN, ada SMKN 2, SMKN 4, SMKN 6, SMKN 7, dan SMKN 8, yang masih kekurangan siswa untuk berbagai program keahlian. Terpisah, Kepala SMAN 8 Surakarta, EPAgustina, membenarkan sekolahnya masih kekurangan siswa untuk Jurusan IPAseusai pengumuman yang digelar Senin (19/6). ”Karena kuota SMAN 8 belum terpenuhi, kami akhirnya diizinkan membuka pendaftaran online tahap kedua. Namun untuk kuota sudah terkunci dari Disdikbud hanya sebanyak 34 siswa untuk Jurusan IPA, sedangkan Jurusan IPS tidak,” ungkap Agustina. (G18- 20)

Comments

comments

Dibuka Tahap II Reviewed by on . SOLO - Jumlah siswa baru di sejumlah SMA/SMK di Kota Solo belum memenuhi daya tampung setelah hasil seleksi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN SOLO - Jumlah siswa baru di sejumlah SMA/SMK di Kota Solo belum memenuhi daya tampung setelah hasil seleksi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN Rating: 0
scroll to top