CSR Jangan Diibaratkan Sumbangan | suaramerdeka.com

Minggu , 30 April 2017

Home » SmCetak » Fokus Jateng » CSR Jangan Diibaratkan Sumbangan

CSR Jangan Diibaratkan Sumbangan

22 April 2017 0:01 WIB Category: Fokus Jateng, SmCetak A+ / A-

SUKOHARJO- Kepedulian perusahaan atau pelaku usaha dibutuhkan dalam menangani masalah sosial di Jateng. Sebab, pemerintah sendirian tidak akan mampu menyelesaikan persoalan sosial karena keterbatasan anggaran. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (TJSLP), pelaku usaha diharapkan turut membantu pemerintah menangani masalah sosial.

”CSR jangan diibaratkan sumbangan, tapi stimulan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Melalui Perda Jateng Nomor 2 Tahun 2017 tentang TJSLPini diatur kewajiban perusahaan memberikan tanggung jawab sosialnya,” kata Tim Khusus Gubernur Jateng Bidang TJSLP dalam sosialisasi CSR di Sukoharjo, Kamis (20/4).

Perda ini juga sebagai petunjuk teknis, agar tanggung jawab sosial perusahaan dapat dimanfaatkan dalam menentukan program kerja pemerintah dengan baik. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Dinas Sosial Jateng Yusadar Armunanto.

Narasumber lain yang hadir ialah Asisten II Setda Kabupaten Sukoharjo Widodo, Tim Penyusun Naskah Akademik Perda TJSLP Lita Tyesta, dan Bidang CSR PT Holcim Indonesia Tbk- Cilacap Plant Kusdiharta. Menurut Yusadar, data populasi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jateng mencapai 4,4 juta jiwa atau 13,43 persen dari jumlah penduduk Jateng yang mencapai 33,26 juta jiwa.

”Pemerintah menyadari tanpa peran serta masyarakat, mustahil masalah sosial dapat ditangani sesuai yang diharapkan. Seluruh potensi sumber kesejahteraan sosial harus bersatu padu, bersama pemerintah, termasuk dunia usaha,” jelasnya.

Di sisi lain, Widodo menegaskan, sinergitas Pemkab Sukoharjo dengan perusahaan telah berjalan baik dalam melaksanakan tanggung jawab sosial. Penerapan CSR juga tersistem, sehingga Pemkab Sukoharjo juga telah membuat perda yang mengatur hal tersebut. (J17-41)

Comments

comments

CSR Jangan Diibaratkan Sumbangan Reviewed by on . SUKOHARJO- Kepedulian perusahaan atau pelaku usaha dibutuhkan dalam menangani masalah sosial di Jateng. Sebab, pemerintah sendirian tidak akan mampu menyelesaik SUKOHARJO- Kepedulian perusahaan atau pelaku usaha dibutuhkan dalam menangani masalah sosial di Jateng. Sebab, pemerintah sendirian tidak akan mampu menyelesaik Rating: 0
scroll to top