Cinta Museum | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Cinta Museum

Cinta Museum

FIGUR

20 Mei 2017 0:08 WIB Category: SmCetak, Solo Metro A+ / A-

2BAGI sebagian orang, museum bukan tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi selama melakukan travelling. Namun bagi Sri Darwati, mengunjungi museum justru menjadi hobinya. Ke mana pun bepergian, ia selalu mencari museum untuk dikunjungi. ‘’Sebab museum bukan cuma untuk berwisata, namun juga untuk belajar dan memetik makna hidup.

Dari museum kita bisa belajar, bukan hanya mengenai sejarah namun juga berbagai pelajaran hidup,’’ kata Kepala Sekolah Muhammadiyah 2 Surakarta. Wanita kelahiran 3 Desember 1967 yang masih terlihat awet muda itu menuturkan, hobinya mengunjungi museum ia tularkan tak hanya pada keluarga, namun juga pada anak didiknya. Setiap kali studi wisata, Darwati selalu mengajak berkunjung ke museum.

‘’Pada awalnya banyak yang bilang nggak asyik ke museum. Namun setelah saya ajak untuk melihat museum dari berbagai sudut pandang, siswa lantas tertarik. Apalagi jika pemandu museumnya pintar memaparkan,’’ kata kepala sekolah yang dikenal akrab dengan muridnya itu.

Dekat Siswa

Darwati juga dikenal sebagai kepala sekolah yang dekat dengan seluruh siswa. Upayanya dekat dan mengenali potensi siswa berbuah manis, karena sekolah yang dipimpinnya banyak menghasilkan siswa yang sukses dalam berbagai lomba karya ilmiah siswa.

Darwati mengemukakan, salah satu kunci untuk menghasilkan siswa yang gemar riset adalah, dengan mewajibkan semua guru dekat dengan siswa. Dengan mengenal siswa secara personal, guru akan bisa mengenali potensi siswa-siswa. ‘’Dibutuhkan upaya pendekatan timbal balik antara guru dan murid. Strategi ini penting dan efektif dalam membangun keakraban, keterbukaan informasi dan jalinan hubungan yang lebih dinamis,’’ paparnya.

Dikatakan, guru tidak hanya bertugas mengajarkan materi pelajaran, melainkan juga membimbing murid mengenali bakat dan keterampilan yang dimilikinya. Terbukti dengan kejelian tersebut, metode pembelajaran di kelas semakin fokus, sejumlah murid makin percaya diri menampilkan potensinya di ajang lomba tingkat lokal maupun nasional. (G18-37)

Comments

comments

Cinta Museum Reviewed by on . BAGI sebagian orang, museum bukan tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi selama melakukan travelling. Namun bagi Sri Darwati, mengunjungi museum justru m BAGI sebagian orang, museum bukan tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi selama melakukan travelling. Namun bagi Sri Darwati, mengunjungi museum justru m Rating: 0
scroll to top