BUMD Diminta Dukung Ketahanan Pangan | suaramerdeka.com

Selasa , 27 Juni 2017

Home » SmCetak » Ekonomi - Bisnis » BUMD Diminta Dukung Ketahanan Pangan

BUMD Diminta Dukung Ketahanan Pangan

21 Maret 2017 2:58 WIB Category: Ekonomi - Bisnis, SmCetak A+ / A-

SEMARANG – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng terus bersinergi dengan pemangku kepentingan. Salah satunya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diminta mendukung ketahanan pangan.

Wakil Ketua TPID Jateng Hamid Ponco Wibowo mengatakan, pihaknya berharap BUMD di provinsi ini bersinergi dan mengusulkan konsep atau program kerja yang mendukung ketahanan pangan.

”Salah satu BUMD, Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah yang tidak bergerak di bidang pangan secara langsung, kami minta membentuk anak perusahaan khusus menangani pangan,” tutur dia, kemarin.

Pihaknya berharap dukungan tersebut juga diberikan dari sisi modal, karena selama ini kredit usaha dari perbankan ke peternak hanya diperuntukkan usaha penggemukan sapi.

Butuh Modal

Dari sisi pembibitan, lanjut dia, peternak sapi pun membutuhkan modal usaha. BUMD direkomendasikan memberikan bantuan kredit usaha dengan bunga rendah kepada peternak usaha pembibitan sapi.

”Melalui penguatan koordinasi dan sinergi, kami berharap dapat meningkatkan peran BUMD dalam mendukung ketahanan pangan di Jateng. TPID tetap fokus pada tujuan, yakni inflasi rendah dan stabil melalui kecukupan pasokan komoditas pangan strategis,” tegas Hamid.

Kinerja TPID Jateng selama 2016 telah berhasil mengendalikan inflasi di level 2,36% year on year atau secara tahunan.

“Angka inflasi itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional 3,02%,” ungkap dia.Angka inflasi Jateng selama 2016 juga lebih rendah daripada tahun sebelumnya 2,73%. Ratarata inflasi lima tahun terakhir 4,90%. (K3-17)

Comments

comments

BUMD Diminta Dukung Ketahanan Pangan Reviewed by on . SEMARANG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng terus bersinergi dengan pemangku kepentingan. Salah satunya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diminta me SEMARANG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng terus bersinergi dengan pemangku kepentingan. Salah satunya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diminta me Rating: 0
scroll to top