Banjarnegara Gelar Kongres Sungai Indonesia | suaramerdeka.com

Minggu , 30 April 2017

Home » SmCetak » Banjarnegara Gelar Kongres Sungai Indonesia

Banjarnegara Gelar Kongres Sungai Indonesia

7 Februari 2015 1:12 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-

BANJARNEGARA – Tahun ini Pemkab Banjarnegara akan menggelar acara unik yang baru kali pertama digelar di Indonesia. Acara tersebut bertajuk Kongres Sungai Indonesia (KSI) dan rencananya digelar pada 29 Agustus 2015 mendatang di kompleks balai budaya.

”Ini sebuah acara yang untuk kali pertama digelar di Indonesia. Kongres mengusung tema ”Merawat Sungai Merawat Peradaban”. Rencananya dihadiri para pemangku sungai besar di Indonesia untuk membahas upaya-upaya pelestarian sungai, daerah aliran sungai dan lingkungan,” ungkap Wabup Hadi Supeno, penggagas acara tersebut, kemarin.

Slogan merawat sungai merawat peradaban, menurutnya untuk mengajak masyarakat merawat sungai yang telah memberikan kehidupan dan mewarnai budaya masyarakat sekitarnya.

”Hal inilah yang menjadi gagasan digelarnya KSI yang pertama di Banjarnegara. Akan ada acara apresiasi seni, orasi budaya dan berbagai acara lainnya yang bertujuan untuk mengkampanyekan penyelamatan sungai-sungai di Indonesia,” katanya.

Kabupaten Konservasi

Kongres tersebut menurutnya juga merupakan salah satu penjabaran visi dan misi kabupaten konservasi yang kerap didengung-dengungkan ke publik. Selain menanami daerah aliran sungai (DAS) dengan tanaman kayu keras, warga juga diajak memelihara kondisi sungai.

Tidak dicemari dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Terlebih Kabupaten Banjarnegara juga dialiri oleh Sungai Serayu dan beberapa sungai besar lainnya yang sudah memberi manfaat kepada masyarakat.

”KSI juga akan digelar bersamaan dengan Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2015 dan diharapkan sajian FSB bisa disaksikan para delegasi KSI dari berbagai daerah. Gelaran KSI juga sebagai upaya untuk menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia untuk hadir di Banjarnegara menyaksikan FSB sehingga kita bisa mempromosikan berbagai potensi daerah ini,” katanya. (H25-14)

Comments

comments

Banjarnegara Gelar Kongres Sungai Indonesia Reviewed by on . BANJARNEGARA - Tahun ini Pemkab Banjarnegara akan menggelar acara unik yang baru kali pertama digelar di Indonesia. Acara tersebut bertajuk Kongres Sungai Indon BANJARNEGARA - Tahun ini Pemkab Banjarnegara akan menggelar acara unik yang baru kali pertama digelar di Indonesia. Acara tersebut bertajuk Kongres Sungai Indon Rating: 0
scroll to top