Auditor Temukan Penyimpangan Keuangan Negara | suaramerdeka.com

Rabu , 26 April 2017

Home » SmCetak » Fokus Jateng » Auditor Temukan Penyimpangan Keuangan Negara

Auditor Temukan Penyimpangan Keuangan Negara

Korupsi Proyek Irigasi di Rembang

11 Januari 2017 0:52 WIB Category: Fokus Jateng, SmCetak A+ / A-

SEMARANG – Sidang lanjutan Direktur CV Sumber Alam Sumadi di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (10/1), mendengarkan keterangan sejumlah saksi ahli yang didatangkan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Jateng.

Sumadi disidangkan dalam kasus dugaan korupsi dalam proyek pemeliharaan irigasi di Sluke dan Desa Pentil, serta pekerjaan penataan lingkungan Desa Gunungsari Rembang. Ahli auditor Didi Suwardi dari BPKP Perwakilan Jateng mengatakan, dalam proses audit berdasarkan sejumlah bukti dari penyidik, ditemukan adanya penyimpangan keuangan negara. ‘’Di Desa Sluke misalnya, kerugian mencapai Rp 156,73 juta.

Terkait pengembalian keuangan negara, kami belum mendapatkan informasi itu,’’ kata saksi ahli di hadapan majelis hakim yang dipimpin Sunarso, didampingi Sastra Rasa dan Agoes Prijadi. Sementara itu, ahli dari Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang menyebut ada selisih dalam pemeriksaan volume yang terpasang dengan kontrak yang ada. Dalam proses pemeriksaan pun juga selalu didampingi para pihak. ‘’Ada selisihnya tidak sesuai kontrak proyek,’’ ujar Andi Purnomo.

Hakim Sunarso menyoroti penggunaan peralatan untuk memeriksa yang hanya dengan linggis, cangkul, dan meteran, apakah bisa menentukan kekurangan yang terjadi dalam pekerjaan tersebut. Kendati pada akhirnya ahli menyebut ada pemeriksaan laboratorium sesudahnya. ‘’Masa hanya trima dengan linggis, meteran, dan cangkul saja. Penjelasan saudara sepertinya tidak begitu tegas, begitu saya desak baru bilang dilab (laboratorium),’’ kata hakim.

Dalam kasus ini sebelumnya juga menyeret Sinarman, mantan Kepala Bidang Bina Marga DPU Rembang yang bertindak sebagai PPKom serta sejumlah rekanan di beberapa proyek dinas terkait. Sumadi menggunakan bendera Sumber Alam, dinilai telah membuat berita acara pemeriksaan hasil pekerjaan 100% untuk selanjutnya dicairkan, padahal kenyataannya belum sepenuhnya selesai. (J14-37)

Comments

comments

Auditor Temukan Penyimpangan Keuangan Negara Reviewed by on . SEMARANG - Sidang lanjutan Direktur CV Sumber Alam Sumadi di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (10/1), mendengarkan keterangan sejumlah saksi ahli yang didata SEMARANG - Sidang lanjutan Direktur CV Sumber Alam Sumadi di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (10/1), mendengarkan keterangan sejumlah saksi ahli yang didata Rating: 0
scroll to top