ASEAN-Beijing Sepakati Kerangka Kode Etik LCS | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Internasional » ASEAN-Beijing Sepakati Kerangka Kode Etik LCS

ASEAN-Beijing Sepakati Kerangka Kode Etik LCS

20 Mei 2017 0:01 WIB Category: Internasional, SmCetak A+ / A-

BEIJING – Setelah 15 tahun bernegosiasi, Beijing dan ASEAN akhirnya menyetujui kerangka kode etik atau code of conduct (CoC) sengketa Laut China Selatan pada pertemuan di Guiyang, Jumat (19/5) kemarin. ”Kerangka kerja telah disepakati.

Semua pihak menjunjung tinggi penerapan kerangka CoC dalam aturan masingmasing negara untuk mengendalikan perselisihan dan memperdalam kerja sama maritim praktis.” Demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

”Semua pihak terkait juga sepakat mempromosikan konsultasi mengenai CoC dan bersamasama menjaga perdamaian serta stabilitas Laut China Selatan,” kata kementerian tanpa menjelaskan konten kerangka kerja yang disepakati itu secara detail. Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Liu Shenmin mengatakan draft CoC ini berhasil disepakati secara komprehensif dengan mempertimbangkan kepentingan serta kekhawatiran semua pihak.

Namun, Liu meminta pihak lain di luar kesepakatan untuk tak mencampuri hasil negosiasi ini, pesan yang tampaknya ditujukan pada Amerika Serikat. ”Kami berharap konsultasi kami mengenai kode etik ini tidak terpengaruh gangguan dari pihak luar,” tuturnya.

Momentum Positif

Sementara itu, Wakil Menlu Singapura Chee Wee Kiong, mengatakan draft ini selanjutnya akan diajukan dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN- Tiongkok pada Agustus mendatang di Filipina. Kedua pihak akan mulai membahas dan merundingkan sejumlah substansi dan elemen lain yang akan diterapkan guna mendukung CoC tersebut.

”Kami berharap untuk terus melanjutkan momentum positif ini dan membuat kemajuan yang mantap menuju pembahasan substantif dari CoC berdasarkan konsensus yang sesuai dengan arahan pemimpin kami,” kata Chee.

Sejak 90 persen wilayah LCS diklaim oleh Tiongkok, perairan itu menjadi salah satu kawasan yang sangat rentan akan konflik. Klaim Beijing tumpang tindih dengan pengakuan sejumlah negara lain di Asia Tenggara, seperti Filipina, Brunei, dan Malaysia.

Sebagai upaya menghindari konflik, ASEAN bersama Tiongkok berupaya membentuk CoC sebagai pedoman perilaku setiap negara di perairan dengan jalur perdagangan laut utama dengan nilai mencapai 5 triliun dolar AS per tahun, atau sepertiga dari total perdagangan global ini. Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat tak banyak menanggapi keberhasilan ini. Menurut juru bicaranya, Anna Richey-Allen, baik Tiongkok- ASEAN belum menyentuh pada inti kesepakatan CoC ini.

Meski Amerika bukan pihak bersengketa dalam konflik LCS ini, Washington menaruh kepentingan untuk memastikan bahwa perairan kaya bahan mineral itu tetap menjadi perairan internasional yang bebas dilalui setiap negara.(cnn-23)

Comments

comments

ASEAN-Beijing Sepakati Kerangka Kode Etik LCS Reviewed by on . BEIJING - Setelah 15 tahun bernegosiasi, Beijing dan ASEAN akhirnya menyetujui kerangka kode etik atau code of conduct (CoC) sengketa Laut China Selatan pada pe BEIJING - Setelah 15 tahun bernegosiasi, Beijing dan ASEAN akhirnya menyetujui kerangka kode etik atau code of conduct (CoC) sengketa Laut China Selatan pada pe Rating: 0
scroll to top