820 Personel Disiagakan | suaramerdeka.com

Minggu , 25 Juni 2017

Home » SmCetak » Semarang Metro » 820 Personel Disiagakan

820 Personel Disiagakan

Operasi Ramadniya Candi 2017

20 Juni 2017 0:40 WIB Category: Semarang Metro, SmCetak A+ / A-

SEMARANG – Aparat Polrestabes Semarang menerjunkan 820 personel dalam kegiatan Operasi Ramadniya Candi 2017 yang digelar mulai 21 Juni hingga 6 Juli 2017.

Mereka akan disebar di seluruh wilayah hukum Polrestabes Semarang untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Mereka tidak hanya ditempatkan di jalur rawan kecelakaan atau rawan kejahatan, tapi juga di perumahan, tempat keramaian, tempat ibadah.

Selain itu, mereka disiagakan di 16 pos yang terdiri atas 14 pos pengamanan dan pos pelayanan. ”Sebanyak 14 pos pengamanan tersebar di seluruh jalur yang dilewati pemudik. Untuk dua pos pelayanan ada di kawasan Simpanglima dan Tugumuda,” ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji usai apel gelar pasukan Ramadniya Candi 2017 di Mapolrestabes Semarang, Senin (19/6) sekitar pukul 08.30.

Dalam kegiatan yang melibatkan TNI, dinas terkait, dan elemen masyarakat itu, Abiyoso mengatakan, wilayah barat tepatnya di perbatasan Semarang- Kendal menjadi prioritas dalam pengamanan mudik dan balik Lebaran. Sebab, jalur tersebut merupakan pintu masuk para pemudik seperti tahun-tahun sebelumnya. ”Untuk lalu lintas, yang menjadi prioritas di Pos Mangkang. Soalnya, dari Tol Brexit dan jalur pantura batas akhirnya ada di Gringsing, Kendal.

Otomatis setelah itu mereka akan melanjutkan perjalanan dan pastinya akan melewati pintu perbatasan untuk menuju ke pintu Tol Krapyak atau menuju ke arah Kota Demak,” ujarnya.

Kondisi itu, lanjut dia, dimungkinkan akan menyebabkan kepadatan kendaraan hingga bisa menimbulkan kemacetan. Hal itulah yang membuat pihaknya memilih wilayah barat sebagai prioritas. ”Sebelum terjadi kami antisipasi dulu. Personel juga lebih banyak dan selalu siaga di lokasi tersebut. Jadi, kalau terjadi kemacetan langsung bisa diurai,” jelasnya.

Underpass Difungsikan

Selain itu, lanjut dia, sejumlah pintu tol tidak luput dari pengamanan, baik di Tol Gayamsari, Jatingaleh maupun Banyumanik pihaknya akan menempatkan personel lebih. ”Pintu-pintu tol juga kami waspadai. Kami akan memperkuat personel di lokasi itu. Kami juga meminta untuk kendaraan yang melewati pintu tol menyiapkan uang pas supaya tidak memicu kemacetan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, terkait angka kecelakaan pada mudik Lebaran 2016 mengalami penurunan dari 2015. Berdasarkan catatan pihaknya, jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2016 mengalami penurunan 72 kasus atau 2,36 persen dibanding tahun 2015. ”Kami berharap tahun ini angka kecelakaan semakin menurun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Efendi menambahkan, kepadatan arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H- 3 Lebaran. ”Prediksinya pada H-3 pemudik mulai memadati. Kalau sekarang masih lenggang meski sudah ada yang mulai mudik,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, lanjut dia, berbagai langkah sudah disiapkan. ”Untuk rekayasa lalu lintas sifatnya situasional. Yang jelas untuk mengurai kemacetan kami sudah siapkan berbagai langkah,” ujarnya.

Upaya itu, di antaranya menertibkan pasar tumpah yang dilewati pemudik. Lalu, menyiapkan jalan-jalan alternatif. Jalur kota dipecah menjadi tiga bagian, yakni jalur tengah, utara dan selatan dan kendaraan besar pada H-7 dilarang masuk ke dalam kota. ”Untuk di pusat oleh-oleh Pandanaran kami akan menempatkan kantung parkir di Pekunden, jadi area tersebut bebas kendaraan,” jelasnya.

Tak hanya itu, untuk daerah Jatingaleh pihaknya menambahkan satu jalur dari arah Jatingaleh menuju Gombel. ”Underpass yang di Jatingaleh juga sudah bisa digunakan pada H-10 Lebaran,” ungkapnya. (K44-22)

Comments

comments

820 Personel Disiagakan Reviewed by on . SEMARANG - Aparat Polrestabes Semarang menerjunkan 820 personel dalam kegiatan Operasi Ramadniya Candi 2017 yang digelar mulai 21 Juni hingga 6 Juli 2017. Merek SEMARANG - Aparat Polrestabes Semarang menerjunkan 820 personel dalam kegiatan Operasi Ramadniya Candi 2017 yang digelar mulai 21 Juni hingga 6 Juli 2017. Merek Rating: 0
scroll to top