Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Pringgitan » Budaya jawa » Siraman Barongan, Unik dan Mistik

Siraman Barongan, Unik dan Mistik

13 Februari 2017 17:18 WIB Category: Budaya jawa, Pringgitan, Tradisional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Sindo

Foto: Sindo

DI Desa Sendang yang terletak di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, warga sekitar masih teguh memegang adat Siaraman Barongan. Prosesi siraman ini tergolong unik. Jika biasanya siraman dilakukan untuk menyucikan jiwa dan raga calon pengantin, siraman yang juga disebut dengan adus pamor ini justru dilakukan pada barongan.

Prosesi sakral ini dipusatkan di situs Mbah Bodo. Tradisi yang telah berjalan sejak ratusan tahun yang lalu ini selalu menarik perhatian ribuan warga. Biasanya, sesudah ritual, kelompok paguyuban Jaranan di lereng Gunung Wilis akan melanjutkannya dengan atraksi seni.

Ketua adat setempat, Mbah Suryaniadi menuturkan, ritual Siraman Barongan dilakukan mulai masa penjajahan Belanda. Ritual dimulai dengan menyiramkan air bunga yang diambil dari situs Mbah Bodo ke alat pertunjukan seni Barongan, Dadak Merak, dan alat-alat kesenian tradisional lainnya seperti jaranan Jawa dan jaranan Sentherewe.

Air bunga yang disiramkan ke kepala Barongan diyakini memiliki tuah. Bahkan air tersebut diminum para seniman Barongan sebelum memulai atraksi. Ritual siraman ini bertujuan untuk meminta doa restu kepada Tuhan agar Kecamatan Sendang selalu diberi keselamatan dan terhindar dari bencana.

Ada kisah mistis di balik prosesi tersebut. Pernah satu saat Siraman Barongan tidak dilakukan dalam kurun waktu sekali setahun. Akibatnya, ada anggota keluarga Camat yang meninggal.

Namun Mbah Suryaniadi mempersilakan warga untuk mengembalikannya kepada keyakinan masing-masing. Dia juga ingin agar pemerintah daerah melirik prosesi tersebut sebagai daya tarik wisata.
(Fadhil Nugroho/CN41/SMNetwork)

Siraman Barongan, Unik dan Mistik Reviewed by on . [caption id="attachment_942556" align="alignnone" width="361"] Foto: Sindo[/caption] DI Desa Sendang yang terletak di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, [caption id="attachment_942556" align="alignnone" width="361"] Foto: Sindo[/caption] DI Desa Sendang yang terletak di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Rating: 0