Rabu , 26 April 2017

Home » Suara Banyumas » Selaraskan Materi Pelajaran dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Selaraskan Materi Pelajaran dengan Kebutuhan Dunia Kerja

21 Maret 2017 9:45 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
foto: istimewa

foto: istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Tuntutan dunia usaha dan industri (Dudi) terhadap kemampuan calon tenaga kerja saat ini terus berkembang.  Kalangan dunia usaha dan industri yang selama ini menyerap lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menginginkan adanya calon tenaga kerja yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Menurut Waka Kurikulum SMK 3 Purwokerto, Suyono, melihat tuntutan dari dunia usaha dan industri yang menginginkan tenaga kerja yang keahliannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka sudah semestinya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dibekali dengan kemampuan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan perusahaan.

Pihak sekolah harus mampu menyiapkan anak didiknya agar memiliki kesiapan yang matang dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Salah satu upaya dalam menyiapkan lulusan SMK yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, kata dia, pihak sekolah harus melakukan sejumlah langkah terobosan.

Salah satunya mensinkronkan atau menyelaraskan antara materi pelajaran di SMK dengan materi yang dibutuhkan di dunia kerja. “Setiap waktu tuntutan di dunia kerja terus berkembang. Oleh karena itu, lulusan SMK harus dibekali dengan ilmu yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja tersebut.  Bila hal ini tidak dilakukan, maka lulusan SMK akan ditinggalkan atau tidak dilirik oleh kalangan dunia usaha dan industri,” kata dia.

Selain materi yang diberikan kepada peserta didik disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, lanjut dia, sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan praktik bagi siswa SMK juga harus diupayakan sesuai dengan dunia kerja. Peserta didik hendaknya dibiasakan dengan sarana dan prasarana yang ada di perusahaan, tempat di mana mereka akan bekerja.

“Seperti peserta didik dari program paket keahlian akomodasi perhotelan yang ada di lembaga kami, mereka sudah kami biasakan dengan berbagai jenis sarana dan prasarana yang ada di hotel-hotel berbintang, bahkan kami memiliki hotel untuk praktik siswa yang fasilitasnya sama seperti hotel bintang lima. Jangan sampai ketika mereka lulus dan bekerja di hotel berbintang, justru mereka masih gagap dengan peralatan yang ada di hotel tersebut,” jelas dia.

(Budi Setyawan / CN26 / SM Network)

Selaraskan Materi Pelajaran dengan Kebutuhan Dunia Kerja Reviewed by on . [caption id="attachment_745845" align="alignnone" width="400"] foto: istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Tuntutan dunia usaha dan industri (Dudi) [caption id="attachment_745845" align="alignnone" width="400"] foto: istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Tuntutan dunia usaha dan industri (Dudi) Rating: 0