Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Kedu » Sejumlah Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo

Sejumlah Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo

19 Maret 2017 19:12 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Sejumlah umat Hindu Jateng dan DIY, Minggu (19/3) mengikuti upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

Sejumlah umat Hindu Jateng dan DIY, Minggu (19/3) mengikuti upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

BANTUL, suaramerdeka.com – Sejumlah umat Hindu yang ada di Jateng dan DIY, menggelar upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Minggu (19/3). Upacara diawali tari tradisional Jawa, kemudian dilanjutkan doa bersama.

Upacara Melasti merupakan satu rangkaian upacara Nyepi, sebelum Nyepi umat Hindu menggelar upacara Melasti di Pantai Ngobaran Gunungkidul. Kemudian dilanjutkan upacara yang sama di Pantai Parangkusumo dan sehari sebelum upacara Nyepi dilangsungkan Upacara Kasanga di Pelataran Candi Prambanan.

Prosesi jalannya Upacara Melasti berlangsung meriah, namun khidmad. Upacara yang digelar setahun sekali ini, menarik perhatian wisatawan domistik mau pun wisatawan mancanegara sedang berkunjung ke Pantai Parangkusumo atau satu kilo sebelah barat Pantai Parangtris.

Upacara Melasti dipimpin langsung Ida Gunawan Putra Manuaba. Sedangkan sembahyang dipimpin Jro Gede Dwija Akhir Merti Adi Wiyono. Upacara sembayang berjalan khusuk dan khidmad, sejumlah umat Hindu datang ke tempat upacara dengan membawa sesaji, setelah Upacara Melasti usai semua sesaji langsung dilarung ke pantai selatan.

Menurut Ida Gunawan Putra Manuaba, upacara Melasti adalah upacara penyucian diri dari segala kotoran lahir dan batin dalam rangka menyambut hari raya Nyepi tahun Saka 1939 atau tahun 2017 M. Melalui kegiatan ini diharapkan, kehidupan bisa semakin harmonis, karena saling menyayangi dalam mengarungi kehidupan dan bermasyarakat.

Sejumlah umat Hindu mengawali upacara Melasti dengan melakukan kirab sesaji dari pelataran Pendopo Parangkusumo berjalan menuju Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, dengan diiringi musik gamelan khas Bali, menambah suasana semakin meriah.

Setelah seluruh sesaji diletakkan di altar yang berada di pinggir pantai, upacara langsung dimulai dengan ditandai pengambilan air suci dari laut dan lanjutkan tarian tradisional Jawa. Setelah itu, umat Hindu dengan diirngi doa-doa berjalan mengitari altar sesaji. Setelah itu, umat kembali duduk di tempat semula.

Setelah semua umat duduk dengan tenang dan khidmad, air suci dipercikkan di atas sesaji. Kemudian dilanjutkan dengan antrean pependetan mengiringi pengambilan air suci dari laut untuk mensucikan umat Hindu yang mengikuti Melasti.

Selanjutnya didoakan oleh pendeta pemimpin upacara Melasti, air suci lalu dipercikkan ke seluruh peserta. Usai penyucian diri, dilanjutkan dengan doa bersama dan diakhiri dengan labuhan atau pakelem.

Seluruh sesaji yang dikirab, usai didoakan langsung dilabuh ke tengah laut selatan. Ini sebagai simbol seluruh kotoran yang melekat di tubuh manusia dan benda-benda sekelilingnya dibuang ke laut. Dengan demikian, sebelum melaksanakan upacara Nyepi semua kotoran yang ada pada badan sudah bersih.

Berharap Sejahtera dan Hidup Damai

“Melalui Upacara Melasti ini, kami berharap masyarakat Indonesia ke depan bisa makin sejahtera dan hidup damai,” ujar salah seorang umat Hindu usai mengikuti Upacara Melasti. Bila semua bisa terwujud, lanjut dia, maka Indonesia akan semakin jaya dan semakin disegani oleh bangsa-bangsa di dunia.

Sejumlah wisatawan yang menyaksikan acara itu, langsung mengabadikan lewat kamera handphone mau pun kamera mereka sendiri.
(Sugiarto/CN40/SM Network)

Sejumlah Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Reviewed by on . [caption id="attachment_980850" align="alignnone" width="400"] Sejumlah umat Hindu Jateng dan DIY, Minggu (19/3) mengikuti upacara Melasti di Pantai Parangkusum [caption id="attachment_980850" align="alignnone" width="400"] Sejumlah umat Hindu Jateng dan DIY, Minggu (19/3) mengikuti upacara Melasti di Pantai Parangkusum Rating: 0