Kamis , 27 April 2017

Home » Solo Metro » Sambut Pilgub, KPUD Boyolali Rangkul Kaum Difabel

Sambut Pilgub, KPUD Boyolali Rangkul Kaum Difabel

21 April 2017 14:24 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-

Ilustrasi: suaramerdeka.com

Ilustrasi: suaramerdeka.com

BOYOLALI, suaramerdeka.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boyolali serius melakukan pendekatan kepada pemilih aktif dari penyandang disabilitas. Partisipasi politik mereka amat penting untuk menyukseskan pemilihan umum (pemilu) baik pemilihan presiden (pilpres) pemilihan legislatif (pileg), pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dalam waktu tak lebih dari setahun ini Jawa Tengah bakal mengelar pesta lima tahunan yakni Pilgub 2018.

“Peran serta penyandang disabilitas amat penting bagi kelangsungan pilgub di Boyolali. Makanya mulai detik ini kami (KPUD) sudah berupaya merangkul mereka, ” terang anggota KPUD Boyolali Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Pargito, Jumat (21/4).

Langkah lanjutan yang dilakukan KPUD adalah melakukan kontak dengan forum difabel Boyolai. Komunikasi yang dijalin antara lain melakukan kroscek data jumlah penyandang disabiltas dan meraka yang punya hak pilih. Setelah data dikumpulkan, nama dan alamat dipegang, maka mereka akan diberikan sosialisasi.

“Intinya adalah berkomunikasi dengan mereka. Apa yang dirasakan mereka dan aspirasi mereka tentang pelaksanaan pemilu. Baru setelah itu dirumuskan kebijakan yang bermanfaat bagi mereka,” papar Pargito.

Berdasarkan database sementara yang dihimpun penyelenggara pemilu itu, jumlah kaum difabel di Boyolali mencapai 6.800. Data tersebut belum dispesifikasian ke jumlah pemilih aktifnya.

Dari pengalaman sosialisasi yang dilakukan KPUD sendiri, penyandang difabel memiliki kemauan kuat untuk menggunakan hak politiknya dalam perhelatan pemilu. Namun, hal itu terhalang karena berbagai faktor. Di antaranya jangkauan domisili penyandang difabel dengan lokasi TPS hingga hal teknis seperti surat suara.

“Nah, persoalan-persoalan semacam in coba kita komunikasi dan carikan jalan keluar, sehingga pada pelaksanaan pemilu terdekat (pilgub) mereka mau datang lagi ke TPS,” imbuh Pargito.
(Budi Sarmun S/CN41/SMNetwork)

Sambut Pilgub, KPUD Boyolali Rangkul Kaum Difabel Reviewed by on . [caption id="attachment_1017591" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: suaramerdeka.com[/caption] BOYOLALI, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah [caption id="attachment_1017591" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: suaramerdeka.com[/caption] BOYOLALI, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah Rating: 0