Kamis , 29 Juni 2017

Home » Suara Kedu » PWI dan Unsiq Jateng Perkuat Literasi Media

PWI dan Unsiq Jateng Perkuat Literasi Media

21 April 2017 18:18 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
PEMBUKAAN: Wakil bupati Agus Subagyo membuka sekolah jurnalistik PWI Jateng di Universitas Sains Alquran, Jumat (21/4). (Foto: suaramerdeka.com./Edy Purnama)

PEMBUKAAN: Wakil bupati Agus Subagyo membuka sekolah jurnalistik PWI Jateng di Universitas Sains Alquran, Jumat (21/4). (Foto: suaramerdeka.com./Edy Purnomo)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah dengan Universitas Sains Alquran (Unsiq) bekerjasama memperkuat literasi media. Langkah ini dinilai sebagai kebijakan mengedukasi di tengah era keberlimpahan informasi yang harus disaring secara ketat atas kebenarannya.

Rektor Unsiq Jawa Tengah, Muchotob Hamzah menyampaikan terjalinnya hubungan baik civitas akademika Unsiq dengan PWI merupakan langkah positif dalam mendorong mahasiswa dan masyarakat mendapatkan edukasi atas informasi yang beredar di masyarakat. Jika mahasiswa memiliki skill dan memahami jurnalistik dengan baik, tentu akan turun menjadi agen penyampai pesan kebenaran kepada masyarakat.

“Kerjasama ini sangat positif dan akan terus kami tingkatkan,” katanya, saat pembukaan sekolah jurnalistik kelas pertama di Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik Jumat (21/4).

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud dalam kesempatan itu meminta agar pemerintah daerah dan Unsiq turut memperkuat literasi media dan politik dalam menangkal maraknya isu hoax atau berita bohong. “Ini menjadi penting agar warga lebih berdaya di tengah era keberlimpahan informasi seperti saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, media sosial (medsos) saat ini sudah sangat berkembang pesat dan cepat? sehingga perlu kehati-hatian bersama dalam menangani informasi yang sifatnya provokatif bahkan tidak benar. Amir yakin bahwa mahasiswa Unsiq yang jumlahnya ribuan akan menjadi motor penggerak pembangunan di masa mendatang.

Saat membuka sekolah jurnalistik, wakil bupati Agus Subagyo menyatakan mendukung penuh langkah PWI dalam turut serta mendidik masyarakat melek media. Baginya, kemampuan mahasiswa dan masyarakat dalam mengerti media dan terlibat di dalamnya sangat penting karena menjadi pilar demokrasi yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah.

”Kalau mahasiswa, guru, dan masyarakat sudah menguasai jurnalistik dan bahkan turut terlibat didalam media tentu ini hal sangat positif. Kami mendukung Hadir menjadi pembicara sekolah jurnalistik pada kelas pertama Jumat (21/4) yaitu Ade Oesman (redaktur senior Wawasan), Setiawan Hendra Kelana (pemred suaramerdeka.com), Sri Mulyadi (Dewan kehormatan PWI Jateng) dan jurnalis televisi Solihun.
(Edy Purnomo/CN41/SMNetwork)

 

PWI dan Unsiq Jateng Perkuat Literasi Media Reviewed by on . [caption id="attachment_1017674" align="alignnone" width="400"] PEMBUKAAN: Wakil bupati Agus Subagyo membuka sekolah jurnalistik PWI Jateng di Universitas Sains [caption id="attachment_1017674" align="alignnone" width="400"] PEMBUKAAN: Wakil bupati Agus Subagyo membuka sekolah jurnalistik PWI Jateng di Universitas Sains Rating: 0