Kamis , 27 April 2017

Home » Nasional » Produk yang Dihadirkan Wuling Sudah Tepat

Produk yang Dihadirkan Wuling Sudah Tepat

Faktor Harga, Sangat Sensitif Bagi Konsumen Indonesia

21 April 2017 21:39 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti

Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti

JAKARTA.suaramerdeka.com – Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai langkah yang diambil Wuling dengan memasarkan produk low MPV nya di Indonesia, serta berinvestasi dalam jumlah besar yaitu 700 juta Dolar AS, adalah langkah yang berani. Mengingat Wuling akan berhadapan dengan produsen mobil asal Jepang yang sudah berhasil mencengkeramkan kukunya selama 40 tahun di pasar mobil Indonesia. Walaupun menghadapi situasi persaingan yang sulit, namun bukan tidak mungkin Wuling bisa meraih sukses di Indonesia.

“Saya katakan ini langkah berani. Walaupun sulit, karena akan berhadapan dengan produsen mobil asal Jepang yang sudah berhasil mencengkeramkan cakarnya di pasar mobil Indonesia selama 40 tahun, bukan tidak mungkin Wuling bisa meraih sukses di Indonesia. Menurut saya, ini karena yang dihadirkan Wuling di Indonesia yaitu low MPV itu sudah tepat. Potensi pasar low MPV itu besar, walaupun telah hadir banyak brand. Saya ibaratkan daging sapi (pasar low MPV) ini bagian yang empuk,” kata Bebin dalam Diskusi Pintar Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) bertema “Selamat Datang Wuling di Indonesia” di The Hook cafe, sore ini.

Menurut Bebin, yang berpengalaman di Brand Suzuki dan Hyundai tersebut, konsumen di Indonesia sangat sensitif dalam hal harga. Yaitu harga saat membeli mobil baru dan harga saat menjualnya. Banyak produk bagus namun karena tidak memenuhi aspek harga jualnya, maka ya akan sangat sulit menjualnya. Dan agar harga jual mobil bekas (resale value) itu stabil, maka hal itu juga ditentukan oleh faktor volume mobil tersebut.

“Bila volume mobil itu kecil, maka akan sulit resale value nya. Ini sudah begitu prinsip pasarnya. Maka tentu ini tantangan berat bagi Wuling untuk bisa meningkatkan volumenya di Indonesia. Maka harus tepat dalam strategi pricing nya. Pricing ini hal yang sangat sensitif. Kalau misalnya low MPV Wuling selisih hanya Rp 10 juta sampai Rp 20 juta dari kompetitornya yang asal Jepang, ya sulit juga membuat masyarakat kita tergerak untuk membeli Wuling,” kata dia. (Hartono Harimurti/SM Network)

Produk yang Dihadirkan Wuling Sudah Tepat Reviewed by on . [caption id="attachment_1017780" align="alignleft" width="570"] Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti[/caption] JAKARTA.suaramerdeka.com - Pengamat otomotif [caption id="attachment_1017780" align="alignleft" width="570"] Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti[/caption] JAKARTA.suaramerdeka.com - Pengamat otomotif Rating: 0