Minggu , 25 Juni 2017

Home » Pulang Kampung 2017 » Porsi Mudik Bareng Gunakan Kereta Api Tak Besar

Porsi Mudik Bareng Gunakan Kereta Api Tak Besar

19 Juni 2017 18:19 WIB Category: Pulang Kampung 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com – Kegiatan mudik bareng menggunakan kereta api termasuk dengan fasilitas armada terbaru, KA kelas premium tak terlalu signifikan menyedot kapasitas angkut selama masa Angkutan Lebaran 2017.

“Paling 8.000 kursi yang dipakai, itu pun kami tak memblok seluruh kapasitas dalam satu rangkaian, jadi umum masih bisa akses,” jelas Direktur Komersial & IT PT Kereta Api Indonesia, M Kuncoro Wibowo di Bandung, kemarin.

Menurut dia,  penggunaan KA untuk mudik gratis tak perlu dipersoalkan. Pasalnya, masyarakat yang menggunakannya sama-sama merupakan masyarakat kecil yang ingin pula pulang kampung halamannya.

Kendati tak menyebutkan angkanya, dia menyebut bahwa tren mudik bareng dengan angkutan jalan baja itu justru cenderung berkurang.

“Jadi tak perlu risau. Karena yang gratis tak banyak, masih banyak ke penumpang umum, kalau jadi soal (karena kekhawatiran kuota berkurang), ya saya kaget juga,” katanya.

Direktur Prasarana PT KAI, Bambang Eko Martono  mengingatkan kapasitas angkut KA yang terbatas. Dengan demikian, tak semua peminat bisa terangkut seluruhnya.

“Kami tidak masalah dengan slot perjalanan dalam grafik perjalanan KA (Gapeka). Tapi ini kan menyangkut kesediaan sarana, keretanya terbatas sementara semua ingin pulang kampung, tak bisa semuanya diakomodir ” tandasnya.

Di sisi lain, dia menjelaskan bahwa ada kecenderungan kenaikan dengan minat masyarakat menitipkan sepeda motornya secara gratis untuk diangkut KA dibanding mudik melalui jalan raya.

“Program sepeda motor gratis (Motis) naik menjadi 18 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 15 persen. Kita layani jalur Pantura dan selatan, termasuk Bandung yang baru dibuka musim ini,” tandasnya.
(Setiady Dwi/CN41/SMNetwork)

Porsi Mudik Bareng Gunakan Kereta Api Tak Besar Reviewed by on . [caption id="attachment_265439" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi[/caption] BANDUNG, suaramerdeka.com - Kegiatan mudik bareng me [caption id="attachment_265439" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi[/caption] BANDUNG, suaramerdeka.com - Kegiatan mudik bareng me Rating: 0