Senin , 26 Juni 2017

Home » Suara Muria » Polres Tingkatkan Sinergitas Tangkal Hoax

Polres Tingkatkan Sinergitas Tangkal Hoax

21 Maret 2017 0:41 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/Anton WH

Foto: suaramerdeka.com/Anton WH

KUDUS, suaramerdeka.com – Kepolisian Resort Kudus akan mengoptimalkan berbagai upaya untuk memerangi serbuan berita hoax yang marak di sejumlah media sosial akhir-akhir ini.

Selain mempertajam peran Binmas dan Humas dalam menyampaikan pemahaman langsung kepada publik, institusi tersebut juga akan mengintensifkan patroli cyber seperti yang sudah dilakukan selama ini. Hal yang tidak kalah penting dilakukan yakni dengan menggandeng semua kalangan mulai dari tokoh agama, masyarakat dan juga semua lembaga terkait untuk juga melakukan upaya serupa.

”Serta tidak lupa membentengi diri dari dari keinginan untuk mensharing berita yang belum jelas kebenarannya,” kata Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning kepada suaramerdeka.com, Senin (20/3) sore.

Ditambahkannya, pihaknya juga memantau kondisi terkait penyebaran berita hoax di sejumlah wilayah. Meskipun begitu, dia meyakini hingga saat sekarang kondisi Kudus tetap aman dan kondusif dan belum terpengaruh beberapa kabar belum jelas yang di beberapa daerah sudah memicu persoalan. ”Dengan dukungan semua pihak, kita akan menangkalnya,” jelasnya.

Polres telah dan akan terus melakukan tindakan pre-emtive dan pre-ventive guna menghalau dampak yang tidak diinginkan. Salah satu yang dilakukan yakni dengan meningkatkan sinergitas baik internal maupun external yakni kepada pihak terkait lainnya. ”Termasuk berkomunikasi dengan publik melalui media sosial,” ungkapnya.

Patroli

Khusus untuk patroli cyber, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya anggotanya untuk dapat senantiasa memonitor viral menjadi trending topic di sosial media. Dari viral yang muncul tersebut petugas pemantau di Polsek harus melaporkan dan mengkoordinasikan ke tingkat Polresta hingga Polda maupun Mabes Polri, jika memang terjadi dinamika di wilayahnya.

Terkait kemungkinan upaya memproses hukum penyebaran berita hoax, dia menilai masih harus dilakukan kajian lebih mendalam. Pasalnya, ada kemungkinan hal itu merupakan bentuk sharing dari warga agar tidak terjadi kondisi yang tidak diinginkan. ”Mungkin mengingatkan agar tidak terjadi suatu kejadian misalnya penculikan,” jelasnya.

Dia juga menggarisbawahi pentingnya penyadaran diri untuk membentengi dari hal-hal seperti itu. Misalnya, bila mendapat berita yang masih belum jelas kebenarannya maka menahan diri untuk tidak membagikan kepada warga lainnya.”Kontribusi dari semua pihak dalam menangkal hoax sangat diperlukan,” ujarnya.

(Anton WH/CN39/SM Network)

Polres Tingkatkan Sinergitas Tangkal Hoax Reviewed by on . [caption id="attachment_982460" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Anton WH[/caption] KUDUS, suaramerdeka.com - Kepolisian Resort Kudus akan [caption id="attachment_982460" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Anton WH[/caption] KUDUS, suaramerdeka.com - Kepolisian Resort Kudus akan Rating: 0