Minggu , 25 Juni 2017

Home » Pulang Kampung 2017 » Polres Kulonprogo Bentuk Empat Pos Pantau di Daerah Wisata

Polres Kulonprogo Bentuk Empat Pos Pantau di Daerah Wisata

19 Juni 2017 23:46 WIB Category: Pulang Kampung 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
KOORDINASI: Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, memberikan pengarahan pada para Kapolsek terkait operasi Ramadniya Progo 2017 di MApolres Kulonprogo, Senin (19/6). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

KOORDINASI: Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, memberikan pengarahan pada para Kapolsek terkait operasi Ramadniya Progo 2017 di MApolres Kulonprogo, Senin (19/6). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Polres Kulonprogo menerjunkan 445 personel dalam operasi Ramadniya Progo 2017 yang berlangsung selama 16 hari dari 19 Juni hingga 4 Juli mendatang. Selain membentuk sejumlah Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan), Polres Kulonprogo juga membuat terobosan dengan membentuk Pos Pantau di daerah-daerah wisata.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai mengatakan, selain personel yang diterjunkan Polres sebanyak 445, operasi Ramadniya Progo 2017 juga melibatkan instansi terkait yakni Kodim, Satpol PP, Senkom, dan Dinas Kesehatan. Dengan melibatkan instansi-instansi terkait tersebut, secara keseluruhan ada sekitar 735 personel dalam operasi Ramadniya Progo.

Ada pun Pos yang dibentuk dalam operasi Ramadaniya Progo ini ada tiga macam, yakni Pos Pengamanan (Pos Pam), Pos Pelayanan (Pos Yan), dan Pos Terpadu. Ada tiga Pos Pam yang disiagakan. Yakni di Ngeseng (Sentolo), Demen (Temon), dan di Radar Congot (Temon).

“Pos Yan ada dua, yakni di Terminal Wates dan di Stasiun Wates. Sedangkan Pos Terpadu ada di perbatasan antara Kulonprogo dengan Purworejo. Di pos terpadu itu selain personel Polres Kulonprogo, juga akan ditempatkan personel dari Polres Purworejo,” kata Kapolres usai Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Progo 2017 di halaman Mapolres, Senin (19/6).

Selain Pos Pam, Pos Yan, dan Pos Terpadu, Polres Kulonprogo juga membuat terobosan kreatif dengan membentuk Pos Pantau di daerah-daerah wisata. Ada empat pos pantau, meliputi Pos Pantau di Kalibiru, di Pantai Glagah, Brosot, dan di kebun teh Nglinggo.

Pos Pantau Brosot mencover Pantai Bugel dan Trisik, Pos Pantau Glagah mencover Pantai Glagah, Pos Pantau Kalibiru mencover Kalibiru dan Waduk Sermo, sedangkan Pos Pantau Nglinggo dari Polsek Samigaluh untuk memantau kebun teh Nglinggo dan Puncak Suroloyo.

“Di masing-masing sudah ada rekayasa lalu-lintas, yang mana kita prediksi untuk titik-titik tempat pariwisata itu akan ramai setelah hari raya Idul Fitri. Sehingga sudah kami siapkan rekayasa lalu lintas, terutama di Kalibiru, Waduk Sermo, Pantai Glagah, Pantai Bugel, dan Trisik,” paparnya.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, untuk memperlancar arus mudik, pihaknya telah meminta DPU untuk menyelesaikan perbaikan jalan-jalan yang menuju tempat wisata agar tidak ada kemacetan akibat jalan-jalan rusak.

Selain itu Pemkab juga memfungsikan fly over Ngelo untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di simpang tiga dan perlintasan rel kereta api Ngeseng, Sentolo. Perlintasan sekaligus simpang tiga tersebut ditutup dan arus lalu-lintas dialihkan melalui fly over Ngelo.

“Jalur Kulonprogo juga harus memfasilitasi jalur wisata ke arah Borobudur, jalan dari Sentolo sampai Borobudur harus biak mulus, sudah cek tidak ada yang rusak dan ada pos tambahan di jalan alternatif menuju Borobudur. Juga yang ke arah Girimulyo, Sermo, kita kondisikan agar tidak macet,” imbuhnya.
(Panuju Triangga/CN40/SM Network)

Polres Kulonprogo Bentuk Empat Pos Pantau di Daerah Wisata Reviewed by on . [caption id="attachment_1080140" align="alignnone" width="400"] KOORDINASI: Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, memberikan pengarahan pada para Kapolsek terk [caption id="attachment_1080140" align="alignnone" width="400"] KOORDINASI: Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai, memberikan pengarahan pada para Kapolsek terk Rating: 0