Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Pilkada Serentak 2017 » PKS Mulai Jaring Nama Cagub Jateng 2018 Melalui Rakorwil

PKS Mulai Jaring Nama Cagub Jateng 2018 Melalui Rakorwil

18 Maret 2017 18:30 WIB Category: Pilkada Serentak 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
Ketua DPW PKS Jateng KH Kamal Fauzi. (suaramerdeka.com/dok)

Ketua DPW PKS Jateng KH Kamal Fauzi. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah mulai menjaring nama-nama yang berpeluang maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng tahun 2018 mendatang. Pembahasan terkait Pilgub Jateng tersebut akan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang digelar Minggu (19/3) di Hotel Grasia Semarang.

Ketua DPW PKS Jateng, KH Kamal Fauzi dalam keterangannya Sabtu (18/3) mengatakan, bahwa penjaringan nama calon gubernur yang diusung PKS akan dibahas berdasarkan masukan dari Dewan Pimpinan Tingkat Daerah di 35 daerah di Jateng.

“Saat Rakorwil besok, semua DPD kita kumpulkan dan mendengarkan masukan-masukan, utamanya terkait usulan nama calon gubernur yang akan kita usung di 2018 mendatang,” kata KH Kamal Fauzi dalam rilis yang diterima redaksi.

Lebih lanjut, Kamal menyampaikan, bahwa dari usulan dan masukan DPD dalam momentum Rakorwil tersebut, pihaknya kemudian akan menentukan aspirasi dan usulan nama calon gubernur yang dijaring melalui masukan DPD tersebut di tingkat DPW.

Terkait komunikasi dengan partai politik lain, Kamal sendiri mengaku sudah dua kali parpol-parpol menggelar pertemuan. Meski berlabel silaturahmi, sudah ada bahasan untuk menggalang koalisi dan memunculkan nama kandidat.

“Baru bincang-bincang bagaimana Jateng ke depan. Belum mengerucut ke nama. Baru lontaran-lontaran. Walau arahnya sudah agak tahu, tapi itu seperti ilmu gaib, belum bisa disampaikan (pada wartawan),” imbuhnya lagi.

Kamal juga menyebut, bahwa partainya akan melakukan penjajakan potensi kader. Di mana semua pengurus dan anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi, dan pusat dari PKS akan dikumpulkan.

Saat ini, kata Kamal, PKS realistis dengan jumlah kursi yang dimiliki dan akan menyerahkan kepada partai koalisi kelak, siapa figur tepat untuk memimpin provinsi ini. Dengan 10 kursi yang dimiliki di DPRD Jateng, partainya tidak mungkin mengajukan calon sendiri.

“Kami masih mengevaluasi strategi. Pilkada serentak yang lalu sekaligus sebagai pemanasan. Apalagi satu kader kita di Salatiga memenangi Pilkada, sehingga hal itu tentunya juga menjadi modal,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tahapan pilgub akan dimulai pada Agustus/September 2017. Pencoblosan dilakukan pada Juni 2018, berbarengan dengan pilkada di tujuh kabupaten/kota, yakni Karanganyar, Temanggung, Banyumas, Kudus, Kabupaten Magelang, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal.

Sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016 sebagai Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur/Bupati/ Wali Kota, aturan main pilgub sama dengan Pilkada 2017. Pasangan calon dapat diusung oleh parpol yang memiliki 20 persen kursi di DPRD Jateng atau meraup suara 25 persen suara sah Pileg DPRD Jateng 2014.
(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)

PKS Mulai Jaring Nama Cagub Jateng 2018 Melalui Rakorwil Reviewed by on . [caption id="attachment_980325" align="alignnone" width="400"] Ketua DPW PKS Jateng KH Kamal Fauzi. (suaramerdeka.com/dok)[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com [caption id="attachment_980325" align="alignnone" width="400"] Ketua DPW PKS Jateng KH Kamal Fauzi. (suaramerdeka.com/dok)[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com Rating: 0