Senin , 26 Juni 2017

Home » Suara Pantura » PKB Pekalongan Adakan Musabaqah Kitab Kuning

PKB Pekalongan Adakan Musabaqah Kitab Kuning

21 Maret 2017 2:59 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
FOTO BERSAMA: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi foto bersama dengan Ketua DPC PKB Bisri Romly dan Ketua PC NU, KH Muslih Khudhori, di sela-sela membuka acara Musabaqah Kitab kuning, di kantor MWC NU Kajen Pembelajaran.(suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

FOTO BERSAMA: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi foto bersama dengan Ketua DPC PKB Bisri Romly dan Ketua PC NU, KH Muslih Khudhori, di sela-sela membuka acara Musabaqah Kitab kuning, di kantor MWC NU Kajen Pembelajaran.(suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

KAJEN, suaramerdeka.com – Sekarang ini melalui aplikasi yang tersebar di internet sudah bisa belajar kitab kuning. Hal itu merupakan modifikasi metode pembelajaran kitab kuning di era modern ini.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi di sela-sela membuka acara Musabaqah Kitab Kuning yang diadakan DPC Garda Bangsa, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pekalongan, di kantor MWC NU Kajen, Senin (20/3).

“Sekarang ada metodologi baru dalam proses pembelajaran kitab kuning melalui aplikasi. Meski ada metode baru, tapi tradisi (metode) lama yang telah digariskan oleh ulama harus dipertahankan,” ucapnya.

“Kalau saya ini merupakan produk didikan pembelajaran kitab kuning dengan tradisi lama seperti sorogoan, bandongan. Kalau dihitung-hiting saya nyanti cukup lama juga selama 15 tahun,” sambungnya.

Di hadapan peserta bagi juara satu dalam acara ini akan diberi hadiah tambahan dari kantong pribadi bupati sebesar Rp 1 juta. Apabila juara tingkat nasional akan diberangkatkan umroh ke tanah suci.

“Untuk Bidang scientik, siswa yang pintar matematika akan didatangkan guru khusus olimpiade. Begitu juga untuk kitab kuning. Ayo galakkan khasanah-khasanah keilmuan. Pemerintah akan digelar kitab kuning dikonteskan,” ujarnya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan, Bisri Romly mengatakan, dalam kitab taqrib ini sangat luar biasa. Kenapa? Lantaran dalam kitab ini memiliki disiplin taqlid yang jelas.

Pada kesempatan itu, Bisri yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PKB mengetes kemampuan peserta untuk menerjemahkan dan memaknai potongan teks dalam bait di kitab tersebut.

Sementara itu, Ketua NU Kabupaten Pekalongan, KH Muslih Khudhori mengapresiasi acara musabaqah kitab kuning tingkat ula Kabupaten Pekalongan.

“Dengan acara ini akan dikenal Kabupaten Pekalongan yang notabene adalah santri. Ini adalah tolok ukur dan dikenal oleh kalangan santri dan pengasuh pondok pesantren. Ini adalah kecerdasan PKB,” ucap dia.

(Agus Setiawan/CN39/SM Network)

PKB Pekalongan Adakan Musabaqah Kitab Kuning Reviewed by on . [caption id="attachment_982570" align="alignnone" width="400"] FOTO BERSAMA: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi foto bersama dengan Ketua DPC PKB Bisri Romly dan K [caption id="attachment_982570" align="alignnone" width="400"] FOTO BERSAMA: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi foto bersama dengan Ketua DPC PKB Bisri Romly dan K Rating: 0