Kamis , 27 April 2017

Home » Suara Banyumas » Petani Wlahar Wetan Kembangkan Beras Organik

Petani Wlahar Wetan Kembangkan Beras Organik

4 April 2017 4:53 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUMAS, suaramerdeka.com – Sejumlah petani di Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Senin (3/4) melakukan panen perdana padi organik. Varietes padi lokal mentik susu dan padi hitam itu dikembangkan dengan metode System of Rice Intensification (SRI).

Kepala Desa Wlahar Wetan, Dodiet Prasetyo, mengatakan padi tersebut dikembangkan di lahan seluas kurang lebih 1 hektar sebagai percontohan. Pada panen perdana ini dapat menghasilkan sekitar 4 ton gabah.

Menurut dia latar belakang pengembangan beras organik itu untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia. Selama ini para petani kerap kesulitan mendapatkan pupuk dan mengeluhkan anjloknya harga gabah.

Wakil Bupati Banyumas, Budhi Setiawan, yang hadir dalam panen perdana itu mendorong para petani untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik dapat meningkatkan kualitas padi dan menjaga kondisi tanah.

“Kami sangat mendukung penanaman padi menggunakan pupuk organik. Pupuk organik itu lebih sehat, selain itu juga membuat tanah lebih gembur dan tidak dangkal. Perekonomian para petani juga diharapkan ikut meningkat,” kata dia.

(Fadlan M Zain/CN39/SM Network)

Petani Wlahar Wetan Kembangkan Beras Organik Reviewed by on . [caption id="attachment_729883" align="alignnone" width="400"] Foto Istimewa[/caption] BANYUMAS, suaramerdeka.com - Sejumlah petani di Desa Wlahar Wetan, Kecama [caption id="attachment_729883" align="alignnone" width="400"] Foto Istimewa[/caption] BANYUMAS, suaramerdeka.com - Sejumlah petani di Desa Wlahar Wetan, Kecama Rating: 0