Selasa , 25 April 2017

Home » Suara Muria » Petani Berharap Anjloknya Harga Gabah Tidak Terulang

Petani Berharap Anjloknya Harga Gabah Tidak Terulang

19 Maret 2017 15:48 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
PANEN: Sejumah petani di lahan pertanian padi Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus sibuk melakukan panen kemarin.(suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

PANEN: Sejumah petani di lahan pertanian padi Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus sibuk melakukan panen kemarin.(suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

KUDUS, suaramerdeka.com – Sebagian petani di Desa Undaan Tengah berharap saat panen musim tanam kedua (MT II) hasilnya lebih baik lagi dibandingkan musim tanam sebelumnya, disamping itu juga ada kejelasan harga gabah. Sebab saat MT I harga gabah anjlok dan oleh pihak terkait tidak ada itikad segera diantisipasi agar harga tidak jatuh, namun pada kenyataannya petani merugi.

Ketua Gapoktan Kondang Wiro Tani, Desa Undaan Tengah, Darwoto saat ditemui kemarin menjelaskan, pihak terkait penentu harga gabah diharapkan bisa mengambil sikap agar harga gabah saat panen tidak jatuh.

“Kualitas gabah yang kami panen saat panen MT I 100 persen dalam keadaan bagus, namun kenapa harganya bisa jatuh,” katanya.

Ironisnya informasi yang berkembang, lanjut dia, harga gabah turun karena genangan air, padahal ini tidak benar. Karena tidak semua lahan tergenang.
“Meski ada yang tergenang namun hal tersebut tidak berpengaruh dengan hasil panen,” paparnya.

Ini dikarenakan petani menggunakan teknik dalam pengambilan padi, yakni dengan menggunakan terpal, sehingga tidak hanyut dalam genangan atau basah.
“Sehingga hasilnya tidak rusak,” terangnya.

Terkait soal harga gabah, ia menuturkan terakhir harga gabah kering panen sudah mencapai Rp 3.700 per kilogram. Harga tersebut sudah cukup maksimal.
“Dan sampai saat ini stok gabah sudah habis terjual, dan berharap kekacauan harga tidak terjadi lagi,” jelasnya.
(Ruli Aditio/CN41/SMNetwork)

Petani Berharap Anjloknya Harga Gabah Tidak Terulang Reviewed by on . [caption id="attachment_980791" align="alignnone" width="400"] PANEN: Sejumah petani di lahan pertanian padi Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus sibuk m [caption id="attachment_980791" align="alignnone" width="400"] PANEN: Sejumah petani di lahan pertanian padi Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus sibuk m Rating: 0