Selasa , 25 April 2017

Home » Suara Banyumas » Peserta UN Jenjang SMP di Banyumas Ditetapkan

Peserta UN Jenjang SMP di Banyumas Ditetapkan

Tercatat Ada 25.722 Siswa

18 Maret 2017 4:48 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: ISTIMEWA

Foto: ISTIMEWA

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Nasional (UN) jenjang SMP di Kabupaten Banyumas telah ditetapkan.  Tercatat ada sebanyak 25.722 siswa yang akan mengikuti ujian pada Selasa (2/5) hingga Kamis (4/5), dan Senin (8/5) mendatang.

Kasi Kurikulum Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Agus Wahidin mengungkapkan, dengan telah ditetapkannya peserta UN, maka sekolah tidak diperbolehkan untuk mengubah data lagi. Peserta didik yang sudah tercantum sebagai peserta ujian juga tidak boleh pindah sekolah atau mengundurkan diri.

”Meski kegiatan UN dapat diikuti di sekolah mana saja, namun kalau ada peserta didik yang pindah sekolah atau keluar, justru akan merepotkan sekolah. Selain itu, bagi peserta didik yang keluar juga sangat disayangkan, sebab kelulusan sudah di depan mata, sehingga semestinya mengikuti ujian sampai selesai,” kata dia.

Dari sebanyak 25.722 siswa tersebut, lanjut dia, rinciannya sebanyak 20.408 siswa berasal dari jenjang SMP negeri dan swasta dan 5.080 siswa dari MTs negeri dan swasta di Kabupaten Banyumas. Adapun untuk peserta didik dari SMP Luar Biasa tidak masuk, sebab sudah menjadi kewenangan dari pemerintah provinsi.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan UN tahun ini, tercatat ada sebanyak 69 SMP yang akan menerapkan ujian nasional dengan sistem berbasis komputer atau UNBK.  Namun dari jumlah itu, sebanyak 22 sekolah di antaranya akan menggelar UNBK secara mandiri. Sisanya, yakni sebanyak 47 sekolah akan menumpang di sekolah lain.

Demikian pula bagi sekolah yang menginduk di sekolah lain, maka pelaksanaan ujiannya menyesuaikan dengan sekolah yang menjadi induknya.  ”Kalau sekolah induknya menggelar UNBK, maka sekolah yang menginduk juga UNBK. Demikian pula sebaliknya, bila sekolah induknya melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP), maka sekolah yang menginduk juga melaksanakan UNKP,” tambah dia.

(Budi Setyawan / CN26 / SM Network)

Peserta UN Jenjang SMP di Banyumas Ditetapkan Reviewed by on . [caption id="attachment_87223" align="alignnone" width="400"] Foto: ISTIMEWA[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian [caption id="attachment_87223" align="alignnone" width="400"] Foto: ISTIMEWA[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Rating: 0