Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Nasional » Perdagangan Orang di Indonesia Disorot Dunia

Perdagangan Orang di Indonesia Disorot Dunia

21 April 2017 15:36 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: globalgiving.org

Foto: globalgiving.org

JAKARTA, suaramerdeka.com – Penegakan hukum di Indonesia terkait human trafficking (perdagangan orang) masih dianggap lemah. Hal tersebut diungkapkan Konsultan Hukum Ahmad Sofyan, Jumat (21/4). Padahal kasus perdagangan orang di NTT terus bertambah.

“Perdagangan orang di NTT kasusnya banyak dan penegak hukum polisi gagal dalam membawa kasus ini ke kejaksaan,” kata Sofyan seperti dikutip RRI.

Menurutnya, kasus perdagangan orang di Indonesia menjadi catatan buruk bagi lembaga internasional. Indonesia dianggap gagal dalam mengimplimentasikan kasus perdagangan orang. Selain itu pemerintah Indonesia dinilai tidak sungguh-sungguh dalam menghukum dan menangani kasus perdagangan orang.

Data kasus tindak pidana perdagangan orang tahun 2012 menunjukkan, ada 3.200 korban perdagangan orang yang berhasil dipulangkan. Sementara pada tahun 2012-2013 bertambah 4000 korban perdagangan orang, dan yang berhasil dituntut hanya 200 orang.

“Volume perdagangan orang dan penegak hukum gagal dalam membongkar sindikasi ini. Dan mereka juga gagal untuk menangkap gembong atau aktor. Yang banyak ditangkap adalah operatornya. Itulah yang jadi catatan badan hukum dunia,” tegasnya.
(RRI/CN41)

Perdagangan Orang di Indonesia Disorot Dunia Reviewed by on . [caption id="attachment_12937" align="alignnone" width="400"] Foto: globalgiving.org[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Penegakan hukum di Indonesia terkait [caption id="attachment_12937" align="alignnone" width="400"] Foto: globalgiving.org[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Penegakan hukum di Indonesia terkait Rating: 0