Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Banyumas » Perbaikan Oprit Jembatan Klawing Bobotsari Ditargetkan Rampung Dua Pekan

Perbaikan Oprit Jembatan Klawing Bobotsari Ditargetkan Rampung Dua Pekan

19 Maret 2017 18:12 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
PEMASANGAN BRONJONG : Petugas tengah memasang bronjong untuk membuat oprit jembatan Sungai Klawing di Dukuh Bandingan, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Minggu (19/3).(Foto: suaramerdeka.com/Ryan Rachman)

PEMASANGAN BRONJONG : Petugas tengah memasang bronjong untuk membuat oprit jembatan Sungai Klawing di Dukuh Bandingan, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Minggu (19/3).(Foto: suaramerdeka.com/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Perbaikan oprit jembatan Sungai Klawing di Dukuh Bandingan, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari yang amblas Sabtu (18/3) sore diperkirakan rampung paling lama dua pekan. Diharap jalan utama Bobotsari-Karanganyar bisa kembali berfungsi secepatnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Purbalingga, Setiyadi, Minggu (19/3) mengatakan, setelah mendapatkan instruksi dari Bupati Tasdi, pihaknya langsung bekerja cepat untuk memperbaiki kerusakan dan antisipasi terjadinya hal serupa di kemudian hari.

“Bagian oprit yang tergerus pagi ini (kemarin) langsung dipasang bronjong. Bagian tengah diisi sirtu (pasir batu-red) dan dipadatkan. Kemudian bagian atas dicor beton readymix. Bronjong juga nantinya akan dibungkus dengan readymix. Maksimal dua minggu sudah bisa normal,” katanya.

Perbaikan hanya pada bagian oprit saja. Sedangkan pada bagian badan jembatan, dari hasil pengamatannya kondisinya masih aman.

Bersamaan dengan perbaikan, juga dilakukan normalisasi aliran sungai menggunakan alat berat yang diturunkan kemarin. Menurutnya, karakter sungai tersebut arusnya bergeser-geser. Normalisasi dilakukan dengan cara menggeser sedimen yang berada di sisi barat jembatan sehinga nanti aliran sungai tidak langsung ke oprit, tapi ke sisi utara jembatan.

“Memang, normalisasi sungai ranahnya BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai-red). Tapi dari pada harus menunggu waktu lama, lebih baik dikerjakan kami secepatnya. Ini juga demi keamanan dan akses. Kami tentu berkoordinasi dengan BBWS,” katanya.

Saat ditanya apakah ada kerusakan jembatan lain di sepanjang aliran Sungai Klawing akibat meluapnya air Sabtu lalu, Setiyadi mengatakan, saat ini baru hanya ada satu laporan di Bobotsari itu. Namun demikian, pihaknya juga mengecek kondisi jembatan lain.

Seperti diberitakan kemarin, jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Bobotsari dengan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga tepatnya di sebelah jembatan Sungai Klawing Dukuh Bandingan, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, putus akibat diterjang arus sungai itu, Sabtu (18/3) kira-kira pukul 15.00.
(Ryan Rachman/CN41/SMNetwork)

Perbaikan Oprit Jembatan Klawing Bobotsari Ditargetkan Rampung Dua Pekan Reviewed by on . [caption id="attachment_980823" align="alignnone" width="400"] PEMASANGAN BRONJONG : Petugas tengah memasang bronjong untuk membuat oprit jembatan Sungai Klawin [caption id="attachment_980823" align="alignnone" width="400"] PEMASANGAN BRONJONG : Petugas tengah memasang bronjong untuk membuat oprit jembatan Sungai Klawin Rating: 0