Kamis , 30 Maret 2017

Home » Pilkada Serentak 2017 » Pengamat: SBY Jadi Penentu Pertarungan di Putaran Kedua

Pengamat: SBY Jadi Penentu Pertarungan di Putaran Kedua

17 Februari 2017 8:48 WIB Category: Pilkada Serentak 2017 Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: istimewa

Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pasangan Nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Djarot Saiful Hidayat, bakal diuntungkan rencana pertemuan Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dengan Presiden Joko Widodo

Prediksi itu diungkapkan Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada pertarungan perebutan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua April mendatang.

Pengamat dan pendiri KedeiKopi Hendri Satrio mengatakan, quick count dilakukan, hasilnya, pasangan calon 2, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Djarot Saiful Hidayat, meraih suara terbanyak sebesar 43,74 persen. Pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan/Sandiaga Uno), berada di tempat kedua dengan raihan 39,31 persen.

Adapun pasangan calon nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono/Sylviana Murni, menempati peringkat terbawah dengan perolehan 16,95 persen suara. “Suara ini yang diperebutkan pasangan nomor 2 dan 3 di putaran kedua,” ungkap Hendri dihubungi di Jakarta, Jumat, (17/2).

Dari enam wilayah administrasi, Ahok/Djarot dominan karena di Jakarta Barat (48,01 persen), Jakarta Pusat (46,82%), Jakarta Utara (39,27 persen), dan Kepulauan Seribu (39,27 persen).

Hendri memprediksi ada tiga opsi peta perebutan suara pada putaran penentuan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Pertama ada kemungkinan parpol pendukung pemerintah, yaitu PAN, PKB, dan PPP Rohmahurmuzy bergabung ke pemerintah atau pasangan nomor dua. “Ini jelas menguntungkan Ahok,” tambahnya.

Sementara itu Demokrat sendiri bakal menjadi suara penyeimbang karena akan ke pasangan Anies,  kecuali SBY bertemu Jokowi. Jika jika bertemu dengan deal baru, akan terjadi koalisi besar yang mengadang Partai Gerindra yang nengusung Anies- Sandi.

(A Adib / CN26 / SM Network)

Pengamat: SBY Jadi Penentu Pertarungan di Putaran Kedua Reviewed by on . [caption id="attachment_27411" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasangan Nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama alias [caption id="attachment_27411" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasangan Nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama alias Rating: 0