Senin , 26 Juni 2017

Home » Nasional » Pemuda dari 23 Negara Diajak Mengenal Islam Nusantara

Pemuda dari 23 Negara Diajak Mengenal Islam Nusantara

19 Mei 2017 6:12 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Para pemuda dari 23 negara ambil bagian pada program Global Intercultural Youth Exchange (GIYE) 2017 mulai Kamis-Minggu (18-20/5). Kegiatan yang diinisiasi GP Ansor tersebut sudah dibuka di Aula Iqbal Assegaf Gedung Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Jakarta, Kamis (18/5). Hadir sejumlah pejabat pemerintah Indonesia dan kedutaan negara-negara sahabat.

Setelah pembukaan, peserta bertolak ke Pesantren Al-Kahfi Somalangu, Kebumen yang dikenal sebagai salah satu pesantren tertua di Asia Tenggara. Di lokasi ini, peserta akan dikenalkan tentang pesantren sebagai bagian terpenting komunitas Nahdlatul Ulama sebagai pengusung Islam yang ramah, toleran dan khas Indonesia yang dikenal dengan Islam Nusantara.

Setelah dari tempat tersebut, pemuda yang terdiri atas pelajar dan mahasiswa itu akan melanjutkan perjalanan ke Keraton Yogyakarta dan Candi Borobudur di Magelang. “Dengan program ini, kami berharap para peserta dapat mengenal seni dan kebudayaan Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai yang dibawa agama Islam,” ujar Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

GIYE 2017 adalah kegiatan soft diplomacy untuk meningkatkan persahabatan antarpemuda dan pelajar dunia tanpa membedakan ras dan agama, melalui pengenalan khazanah kebudayaan Indonesia. Dalam acara ini, para peserta dari berbagai negara juga diberi kesempatan untuk memperkenalkan seni dan kebudayaan mereka. Dengan demikian tercipta komunikasi antarbudaya.

Ketua PP GP Ansor Bidang Hubungan Internasional Abdul Aziz Wahid menambahkan, melalui program GIYE, GP Ansor mengajak para peserta untuk mengenal tentang Islam Nusantara. “Mereka kami ajak menginap di pesantren dan mengunjungi situs-situs sejarah Indonesia. Para peserta juga akan diajak membatik di kerajinan Batik Giriloyo Yogyakarta,” jelasnya.

Adapun, para pemuda tersebut berasal dari Afganistan, India, Gambia, Afrika Selatan, Yaman, Sudan, Tanzania, Rwanda, Ekuador, Sierra Leone, Belanda, Prancis, Italia, dan Rusia serta Asia Tenggara.

(Arif M Iqbal / CN26 / SM Network)

Pemuda dari 23 Negara Diajak Mengenal Islam Nusantara Reviewed by on . [caption id="attachment_1046163" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / dok[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Para pemuda dari 23 negara am [caption id="attachment_1046163" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / dok[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Para pemuda dari 23 negara am Rating: 0