Senin , 26 Juni 2017

Home » Solo Metro » Pemkab Wonogiri Siapkan Anggaran Rp 400 Juta untuk Tera Ulang Timbangan

Pemkab Wonogiri Siapkan Anggaran Rp 400 Juta untuk Tera Ulang Timbangan

20 Maret 2017 0:00 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
MEMAKAI TIMBANGAN: Petugas Pemkab Wonogiri menggunakan timbangan saat menggelar pasar murah di terminal angkuta Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

MEMAKAI TIMBANGAN: Petugas Pemkab Wonogiri menggunakan timbangan saat menggelar pasar murah di terminal angkuta Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Pemkab Wonogiri menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk pengadaan sarana dan prasarana tera ulang timbangan. Hal itu dilakukan karena mulai 2018 mendatang Pemkab harus bisa mengadakan tera ulang timbangan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Wonogiri, Guruh Santoso melalui Kabid Perdagangan, Wahyu Widayati mengatakan, dana tersebut disiapkan melalui APBD 2017. Meski demikian, persiapan untuk menggelar tera ulang masih dilakukan secara bertahap.

Wahyu menerangkan, selain mengadakan sarana dan prasarana, pihaknya perlu meningkatkan sumber daya manusia guna menjalankan tera ulang timbangan. Untuk itu, pihaknya akan dibimbing oleh Badan Standardisasi Mertrologi Legal (BSML) Yogyakarta.

“Kami juga perlu belajar dari daerah lain yang sudah lebih dulu melaksanakan tera ulang mandiri. Salah satunya dengan Pemkot Surakarta,” katanya.

Saat ini, timbangan statis di Wonogiri ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE).

“Timbangan statis ada di 14 SPBU dan satu SPBE. Sedangkan timbangan non statis banyak di pasar-pasar dan toko-toko,” terangnya.

Perlu diketahui, tera ulang timbangan selama ini dilakukan oleh Pemprov Jateng. Namun, setelah diterbitkannya Undang-undang (UU) no 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah yang diikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Perdagangan dan Menteri Dalam Negeri, Pemkab harus bisa melakukan tera ulang timbangan, maksimal 31 Desember 2018 mendatang.

“Dengan adanya UU no 23/2014 dan SKB dua menteri itu, mau tidak mau Pemkab harus bisa melakukan tera ulang mandiri. Target kami, akhir 2018 sudah harus bisa tera ulang mandiri,” ujarnya.
(Khalid Yogi/CN40/SM Network)

Pemkab Wonogiri Siapkan Anggaran Rp 400 Juta untuk Tera Ulang Timbangan Reviewed by on . [caption id="attachment_980957" align="alignnone" width="400"] MEMAKAI TIMBANGAN: Petugas Pemkab Wonogiri menggunakan timbangan saat menggelar pasar murah di te [caption id="attachment_980957" align="alignnone" width="400"] MEMAKAI TIMBANGAN: Petugas Pemkab Wonogiri menggunakan timbangan saat menggelar pasar murah di te Rating: 0