Senin , 1 Mei 2017

Home » Nasional » Pemerintah Harus Pikirkan Masak-masak Pengelolaan Freeport

Pemerintah Harus Pikirkan Masak-masak Pengelolaan Freeport

20 Maret 2017 17:05 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/Dananjoyo Kusumo

Foto: suaramerdeka.com/Dananjoyo Kusumo

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Indonesia harus memiliki rencana induk (master plan) jika hendak mengambilalih Freeport. Pengelolaan Freeport merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan secara matang oleh pemerintah. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Papua, Bangun S Manurung usai diskusi di Gedung Bidakara, Senin (20/3).

Menurutnya, master plan perlu diwujudkan untuk mengantisipasi kekosongan produksi setelah Freeport memutuskan meninggalkan Indonesia. Jika nantinya kontrak karya harus dihentikan dan Freeport memilih untuk angkat kaki dari Indonesia, maka pemerintah pusat harus memiliki program dalam waktu yang singkat bisa mengambil alih Freeport.

Bangun menjelaskan, selama ini negosiasi antara Indonesia dan Freeport terpusat di Pemerintah Pusat. Pihaknya pun meminta agar Pemerintah Daerah bisa dilibatkan dalam negosiasi ini.

Ia menambahkan, persoalan yang membelit Freeport bukan sekadar persoalan bisnis, melainkan ada kondisi sosial ekonomi yang sangat berpengaruh pada masyarakat Papua, bahkan Indonesia. Ia mengatakan jika ketidakjelasan keputusan berlarut, maka akan banyak masyarakat yang terkena dampaknya.

“Kalau untuk PHK pegawai Freeport langsung belum ada yang diberhentikan, tapi yang dari kontrak sudah ribuan orang ya berhenti. Pegawai Freeport asing maupun dalam negeri banyak dirumahkan, mereka masih status pegawai dan menerima gaji pokok belum kena PHK,” ujar Bangun, seperti dikutip Republika.
(RPK/CN41)

Pemerintah Harus Pikirkan Masak-masak Pengelolaan Freeport Reviewed by on . [caption id="attachment_494795" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Dananjoyo Kusumo[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Indonesi [caption id="attachment_494795" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/Dananjoyo Kusumo[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Indonesi Rating: 0