Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Muria » Pemerintah Desa Tolak Rencana Perluasan TPA Landoh

Pemerintah Desa Tolak Rencana Perluasan TPA Landoh

19 Maret 2017 2:33 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
OVER KAPASITAS: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Landoh, di Desa Landoh Kecamatan Sulang sudah mengalami over kapasitas sehingga perlu adanya perluasan lahan di sekitarnya. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

OVER KAPASITAS: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Landoh, di Desa Landoh Kecamatan Sulang sudah mengalami over kapasitas sehingga perlu adanya perluasan lahan di sekitarnya. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Pemerintah Desa Landoh secara tegas menolak rencana Pemkab Rembang memperluas area TPA Landoh. Pasalnya, perluasan area TPA diyakini akan menambah potensi pencemaran lingkungan yang berdampak pada masyarakat Desa Landoh.

Kepala Desa Landoh, Akbar Aji kepada wartawan mengatakan, resapan air dari sampah yang berada di TPA selama ini sudah cukup pemberikan dampak pencemaran kepada masyarakat. Jika perluasan tetap dilakukan, ia khawatir pencemaran akan meningkat dan mengganggu ratusan warganya.

Ia justru mengusulkan agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan inovasi mengenai tempat penampungan air limbah sampah. Selama ini, empat kolam penampungan limbah air sampah kurang berfungsi secara optimal.

Dengan kondisi itu, diharapkan DLH Kabupaten Rembang bisa melakukan pengelolaan penampungan limbah air sampah di TPA Landoh. Kondisi itu sebagai optimalisasi empat kolam penampungan limbah air sampah yang saat ini sudah ada.

“Luas TPA yang sekarang saja, air resapan dari sampah sudah mencemari lingkungan desa. Sebagian sumur milik warga tercemari oleh air dari resapan sampah di TPA. Jika diperluas lagi area TPA, tentu hal itu akan mengganggu,” jelas Aji.

Sebelumnya, DLH Kabupaten Rembang hampir pasti akan menambah area TPA Landoh seluas dua hektare. Dengan luas lokasi saat ini yang mencapai tiga hektare, maka di tahun 2018 luas TPA secara keseluruhan sudah akan menjadi lima hektare.

DLH Kabupaten Rembang telah menuntaskan pengurasan air limbah sekaligus pengerukan lumpur di kolam penampungan air limbah. Hasilnya, sedikitnya 80kubik lumpur berhasil terkeruk dari 4 kolam penampungan yang ada di sana.

Kabid Pengelolahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas DLH Kabupaten Rembang, Andreas Edi Gustono mengatakan, pembebasan lahan untuk perluasan area TPA Landoh akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.

(Ilyas al-Musthofa/CN39/SM Network)

Pemerintah Desa Tolak Rencana Perluasan TPA Landoh Reviewed by on . [caption id="attachment_980656" align="alignnone" width="400"] OVER KAPASITAS: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Landoh, di Desa Landoh Kecamatan Sulang sudah menga [caption id="attachment_980656" align="alignnone" width="400"] OVER KAPASITAS: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Landoh, di Desa Landoh Kecamatan Sulang sudah menga Rating: 0