Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » Pembukaan Pintu Tol Soker Terlambat Empat Jam

Pembukaan Pintu Tol Soker Terlambat Empat Jam

19 Juni 2017 21:10 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
LEPAS PEMUDIK: Pemudik yang naik dengan kendraan plat B dilepas dari pintu tol Ngasem menuju Tol Soker dengan dikawal petugas kepolisian. (suaramerdeka.com/Budi Samun S)

LEPAS PEMUDIK: Pemudik yang naik dengan kendraan plat B dilepas dari pintu tol Ngasem menuju Tol Soker dengan dikawal petugas kepolisian. (suaramerdeka.com/Budi Samun S)

BOYOLALI, suaramerdeka.com – Sebanyak 15 kendaraan roda empat di lepas secara bersama-sama menuju jalur tol Solo Kertosono (Soker). Dua kendaraan patroli jalan raya dari Satlantas Polres Karanganyar dan Ditlantas Polda Jateng mengawal iring-iringan ini. Seremoni pelapasan itu sebagai pertanda dibukanya Tol Soker sebagai jalur alternatif mudik balik Lebaran 2017.

Sebelumnya sekitar setengah jam, belasan kendaraan pemudik ini rela menunggu di depan posko bersama Karanganyar-Sukoharjo-Boyolali (Kasuli). Mereka menunggu instruksi dari petugas kepolisian dan operator tol tentang rombongan pertama pemudik yang bakal melintas di jalur sepanjang 65 kilometer tersebut.

Panit I Unit 7 PJR Kartasura Ditlantas Polda Jateng, Ipda Joko Budi menuturkan, sepanjang jalan tol, kendaraan ini terus dikawal polisi.

“Kami mengawal sampai pintu tol Kebakkramat lalu pengawal diganti petugas dari Polres Sragen hingga perbatasan Jateng-Jatim,” katanya di temui suaramerdeka.com di pintu tol Soker Ngasem, Senin (19/6).

Sepanjang perjalanan, baik petugas kepolsian mau pun otoritas tol, mengeluarkan imbauan dari pengeras suara bahwa tol sudah difungsionalkan sebagai jalur alternatif mudik. Sehingga hanya kendaraan pemudik saja yang boleh melintas pada jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

“Mulai hari Senin (16/7) sampai dengan Minggu (2/7) jalur ini dimanfaatkan sebagai jalur mudik balik mulai pukul 06.00-17.00,” imbuhnya.

Dari pantauan lapangan, sejak pagi banyak kendaran pemudik dari arah barat (Boyolali) dengan plat luar kota hendak belok kiri sesampainya di pintu tol Ngasem. Sayangnya tol belum dibuka untuk umum karena menunggu penempatan petugas lapangan yang masih mengikuti apel.

Tol pun dibuka sekitar pukul 10.10 WIB dari jadwal awal pukul 06.00 WIB. Pemudik yang terlajur ambil lajur kiri Solo-Semarang memilih antre menunggu di dalam mobil sembari tol dibuka.

“Saya tunggu di mobil saja. Sebentar lagi kan tol dibuka, bisa ngieit waktu,” kata Tamtomo, pemudik asal Bogor.

Mulai hari ini, jalur tol sepanjang 65 km mula dari Boyolali hingga Ngawi Jatim dibuka untuk umum.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya, David Wijayanto, mengimbau pemudik mengikuti dan mematuhi rambu-rambu yang dipasang dan mematuhi batas kecepatan.

“Kami juga imbau pemudik agar mewaspadai persimpangan jalan tol dengan jalan kampung. Ada 50 persimpangan, tolong pemudik mewaspadai,” tegasnya.
(Budi Sarmun S/CN40/SM Network)

Pembukaan Pintu Tol Soker Terlambat Empat Jam Reviewed by on . [caption id="attachment_1079848" align="alignnone" width="400"] LEPAS PEMUDIK: Pemudik yang naik dengan kendraan plat B dilepas dari pintu tol Ngasem menuju Tol [caption id="attachment_1079848" align="alignnone" width="400"] LEPAS PEMUDIK: Pemudik yang naik dengan kendraan plat B dilepas dari pintu tol Ngasem menuju Tol Rating: 0