Minggu , 20 Agustus 2017

Home » Solo Metro » Pedagang Pasar Klewer Terlindungi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Pedagang Pasar Klewer Terlindungi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

21 April 2017 19:00 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
KARTU BPJSTN : Secara simbolis Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan pedagang Pasar Klewer Solo, di sela peresmian pasar tradisional tersebut, Jumat (21/4). (Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

KARTU BPJSTN : Secara simbolis Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan pedagang Pasar Klewer Solo, di sela peresmian pasar tradisional tersebut, Jumat (21/4). (Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com – Para pedagang Pasar Klewer Solo kini dapat menikmati ketenangan dalam bekerja setelah Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mewajibkan mereka memenuhi empat syarat sebagai tenant kios, di mana salah satu syarat adalah menjadi peserta aktif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kebijakan Wali Kota Surakarta ini diimplementasikan pengelola Pasar Klewer melalui penerapan sistem pembayaran elektronik yang inovatif dalam bentuk kartu e-retribusi sebagai alat pembayaran retribusi dan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Ini tentu mempermudah para pedagang membayaran iuran program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Surakarta dalam memastikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pedagang di Pasar Klewer melalui cara yang sangat inovatif,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, di sela peresmian Pasar Klewer Solo, Jumat (21/04).

Dalam peresmian yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), secara simbolis Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu e-retribusi kepada perwakilan pedagang di pasar sandang tersebut yang berjumlah sekitar 6 ribu pedagang. Sebagian besar pedagang terdaftar sebagai pekerja kategori bukan penerima upah (BPU), namun bagi pedagang dan karyawan kios, masuk dalam kategori Penerima Upah (PU) usaha mikro.

Agus melanjutkan, kebijakan Pemerintah Kota Surakarta dalam mengikutsertakan para pedagang Pasar Klewer dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan yang pertama dalam melakukan inovasi pembayaran retribusi yang terintegrasi dengan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk kartu e-retribusi.

Penerapan sistem ini adalah pilot project dan akan dikembangkan ke pasar tradisional lainnya. Inisiatif Pemerintah Kota Surakarta ini menunjukkan dukungan nyata terhadap perlindungan para pekerja.

Siap Bersinergi

Adapun produk-produk BPJS Ketenagakerjaan bagi pedagang Pasar Klewer adalah jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), dan jaminan kematian. Dikatakan, bagi pedagang atau karyawan di Pasar Klewer yang mengalami kecelakaan kerja akan dirawat di rumah sakit pemerintah kelas satu atau rumah sakit swasta yang bekerja sama dengan BPJS.

“Perawatan itu dilakukan tanpa batas, baik waktu maupun biayanya, sampai karyawan sembuh. Upah yang bersangkutan selama menjalani peratawan diharapkan bias tetap diterima. Dan bagi yang mengalami cacat fisik, diupayakan bisa kembali kerja setelah menjalani pelatihan,” katanya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, secara keseluruhan, cakupan kepesertaan yang telah dicapai BPJS Ketenagakerjaan terhitung hingga Maret 2017 untuk perusahaan sebanyak 379,6 ribu dengan pekerja aktif sebanyak 22,46 juta pekerja.

Sementara capaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk perusahaan aktif di Solo mencapai 4.083 perusahaan dengan total tenaga kerja sebanyak 210,5 ribu orang. Di sektor BPU, pekerja aktif terdaftar hingga posisi terakhir Maret 2017 sebanyak 14,8 ribu pekerja.

Kepala Dinas Perdagangan Subagyo menyambut baik kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan itu. Dikatakan, program BPJS Ketenagakerjaan itu juga sudah disosialisaikan bagi para pedagang.

“Program BPJS Ketenagakerjaan ini akan disinergikan dengan program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo atau PKMS yang selama ini sudah berjalan,” kata dia.
(Langgeng Widodo/CN41/SMNetwork)  

Pedagang Pasar Klewer Terlindungi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Reviewed by on . [caption id="attachment_1017661" align="alignnone" width="400"] KARTU BPJSTN : Secara simbolis Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyerahkan kartu kepeser [caption id="attachment_1017661" align="alignnone" width="400"] KARTU BPJSTN : Secara simbolis Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyerahkan kartu kepeser Rating: 0