Kamis , 27 April 2017

Home » Semarang Metro » Pasar Bulu Jadi Tempat Nongkrong Baru

Pasar Bulu Jadi Tempat Nongkrong Baru

Lantai Tiga Pasar Sampangan Segera Ditempati

21 April 2017 21:30 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
PASAR BULU: Kafe yang terletak di selasar Pasar Bulu, Jl Sugiyopranoto, Semarang Selatan, menghidupkan suasana malam pasar, Jumat (21/4). (suaramerdeka.com/Dini Failasufa)

PASAR BULU: Kafe yang terletak di selasar Pasar Bulu, Jl Sugiyopranoto, Semarang Selatan, menghidupkan suasana malam pasar, Jumat (21/4). (suaramerdeka.com/Dini Failasufa)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Keberadaan berbagai macam kuliner di selasar Pasar Bulu, ikut meramaikan aktivitas jual beli di tempat tersebut. Kini, setiap sore hingga dini hari, berbagai jajanan dan masakan dijajakan. Ratusan pengunjung pun datang tiap harinya.

Pasar yang berada di sekitar kawasan Tugumuda tersebut, kini menjadi tempat nongkrong anak muda. Suasana makin ramai lantaran di komplek Museum Mandala Bhakti juga terdapat kafe. Berjam-jam, pengunjung menghabiskan waktu di tempat tersebut.

“Sudah beberapa kali, saya dan teman-teman ke tempat ini. Letaknya yang lebih tinggi dari jalan, membuat kami bisa melihat pemandangan yang bagus. Tugumuda yang disorot lampu pada malam hari terasa lebih indah,” ujar Agustina (25), salah satu mahasiswi swasta di Kota Semarang.

Penempatan kuliner di selasar Pasar Bulu menjadi kebijakan dari Dinas Perdagangan Kota Semarang, sejak awal tahun ini. Langkah ini merupakan salah satu usaha untuk menghidupkan pasar-pasar, yang sepi setelah direvitalisasi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menuturkan, kini aktivitas jual beli di Pasar Bulu sudah bertambah hidup, terutama di lantai tiga. Untuk lantai tiga, ditempati pedagang aksesoris, kacamata, buku, dan juga makanan. “Kini, kondisinya jauh lebih baik. Bila biasanya hanya lantai satu dan dua yang ramai, kini lantai tiga juga mulai ramai. Kami pun akan menggelar berbagai acara untuk menghidupkan pasar-pasar di Semarang,” ujar Fajar Purwoto, Jumat (21/4).

Pasar Sampangan

Pihaknya juga telah menggelar pertemuan dengan pedagang di Pasar Sampangan. Nantinya, lantai tiga pasar tersebut akan dihidupkan kembali. Mulai pekan depan, 50 pedagang yang akan menempati lantai tiga, secara swadaya melengkapi kebutuhan lantai tiga. Mereka akan menambah rolling door di kiosnya.

Sementara dari Dinas Perdagangan, membersihkan lantai tiga, termasuk MCK. Dengan fasilitas yang memadai dapat menunjang aktivitas jual beli di sana. Sembari dibenahi, lantai tiga pasar tersebut juga akan ditempati pedagang yang akan menjual aksesoris hp, buku, dan lain-lain. “Pedagang yang menempati tersebut tidak dikenai biaya sepeser pun. Hanya membayar retribusi, itu pun dimulai pada 19 Juni mendatang, atau dua bulan setelah ditempati. Kami harap, pasar tersebut akan semakin ramai dan dapat bersaing dengan pasar moderen,” tambah Fajar.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Danur Rispriyanto mendukung program tersebut. Bila berhasil, imbuhnya, ide-ide tersebut harus diaplikasikan ke pasar-pasar yang lain. Tidak kalah penting, pedagang perlu dilibatkan dalam setiap pengambilan kebijakan. “Pendataan kekurangan pasar harus terus dilakukan. Anggaran perawatan juga harus disediakan. Jangan hanya bisa membangun tetapi tidak bisa merawat,” tandas Danur.

(Hendra Setiawan/CN38/SM Network)

Pasar Bulu Jadi Tempat Nongkrong Baru Reviewed by on . [caption id="attachment_1017713" align="alignnone" width="400"] PASAR BULU: Kafe yang terletak di selasar Pasar Bulu, Jl Sugiyopranoto, Semarang Selatan, menghi [caption id="attachment_1017713" align="alignnone" width="400"] PASAR BULU: Kafe yang terletak di selasar Pasar Bulu, Jl Sugiyopranoto, Semarang Selatan, menghi Rating: 0