Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » Pantauan 24 Jam via CC Room, Lalu Lintas Masih Lancar

Pantauan 24 Jam via CC Room, Lalu Lintas Masih Lancar

20 Juni 2017 1:38 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Sejumlah pengendara melintasi kawasan Faroka, yang menjadi salah satu titik padat lalu lintas pada saat arus mudik-arus balik Lebaran 2017, Senin (19/6). Kepadatan lalu lintas di Kota Solo pada H-6 Lebaran masih relatif normal. (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)

Sejumlah pengendara melintasi kawasan Faroka, yang menjadi salah satu titik padat lalu lintas pada saat arus mudik-arus balik Lebaran 2017, Senin (19/6). (suaramerdeka.com/Yusuf Gunawan)

SOLO, suaramerdeka.com – Lalu lintas di beberapa ruas jalan Kota Solo masih relatif normal pada H-6 menjelang Lebaran, Senin (19/6). Kepadatan lalu lintas yang terjadi sama seperti hari-hari biasa, yakni karena mobilitas warga.

Meski demikian, sudah ada beberapa  kendaraan dengan nomor polisi luar kota yang melintas. Melihat dari barang yang dibawa, kendaraan tersebut dinaiki pemudik yang hendak menuju kota tujuan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta mulai melakukan traffic counting sejak Minggu (18/6) lalu. Ada enam titik pantau, untuk menghitung jumlah kendaraan yang keluar maupun masuk Kota Solo pada Masa Angkutan Lebaran 2017, yakni di depan Universitas Sahid, jembatan Jurug, Jalan Bhayangkara, Kadipiro, ringroad Mojosongo dan Pasar Kleco.

Kasi Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas Dishub Ari Wibowo menjelaskan, jenis kendaraan yang dipantau adalah sepeda motor, mobil pribadi, kendaraan sedang dan kendaraan berat. “Dari traffic counting ini nantinya bisa diketahui, seberapa banyak kendaraan yang melintas Solo saat arus mudik-arus balik, juga jenis kendaraan yang mendominasi digunakan pemudik,” katanya.

Hasil pantauan selama 24 jam pada Minggu (18/6) menyebutkan, total kendaraan yang keluar-masuk Kota Solo sebanyak 409.530 unit. Terdiri dari sepeda motor 257.271 unit, mobil pribadi 118.682 unit, kendaraan sedang 15.532 unit, kendaraan berat 18.045 unit.

Kasi Pengendalian dan Pengembangan Bidang Lalu Lintas Surya Dewantara mengatakan, pantauan lalu lintas selama masa Lebaran akan dilakukan selama 24 jam full, melalui kamera pemantau yang terpasang di 54 titik persimpangan.

Kamera pemantau tersebut terkoneksi dengan Central Control (CC) Room di kantor Dishub, sehingga dari ruangan tersebut bisa dilakukan intervensi lalu lintas jika diperlukan. “Intervensi akan dilakukan, jika kondisinya memang diperlukan. Misal antrean kendaraan terlalu panjang, sehingga durasi nyala traffic light bisa disesuaikan untuk mengurangi panjang antrean,” katanya.

Selain memantau situasi lalu lintas di dalam kota, dari CC Room juga dipantau lalu lintas di daerah perbatasan, yang merupakan pintu masuk para pemudik menuju Solo. Daerah perbatasan yang dipantau berada di kawasan Pasar Kleco, Gapura Makuta, kawasan Sekip, jembatan Jurug, serta di daerah Dawung.

(Irfan Salafudin/ CN34/ SM Network)

Pantauan 24 Jam via CC Room, Lalu Lintas Masih Lancar Reviewed by on . [caption id="attachment_1080523" align="alignnone" width="329"] Sejumlah pengendara melintasi kawasan Faroka, yang menjadi salah satu titik padat lalu lintas pa [caption id="attachment_1080523" align="alignnone" width="329"] Sejumlah pengendara melintasi kawasan Faroka, yang menjadi salah satu titik padat lalu lintas pa Rating: 0