Minggu , 26 Maret 2017

Home » Semarang Metro » Ombudsman Dukung Peserta Didik Berani Lapor

Ombudsman Dukung Peserta Didik Berani Lapor

20 Maret 2017 11:59 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto banyuwangi.asia

Foto banyuwangi.asia

SEMARANG, suaramerdeka.com – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan dukungannya kepada peserta didik yang akan melaksanakan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Mulai 3-6 April 2017 peserta didik tingkat SMA/SMK sederajat akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Ujian Nasional bagi peserta didik di tingkat SMP/Sederajat pada bulan Mei 2017.

Ujian Nasional Berbasis Komputer ini merupakan hal yang baru di dunia pendidikan Indonesia. Setiap tahun Ombudsman Republik Indonesia mengawasi pelaksanaan Ujian Nasional, hal ini sebagai upaya dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik supaya pemerintah harus terus menerus melakukan upaya perbaikan.

Ada yang menarik dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, sebagaimana pantauan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah terdapat sekolah yang jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Sebagai lembaga negara yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah selain melakukan kajian dan memantau persiapan Ujian Nasional, khususnya di Jawa Tengah Ombudsman juga melakukan koordinasi dengan Panitia Ujian Nasional baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Ombudsman Republik Indonesia memberikan masukan dan saran kepada pemerintah pusat, pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan. Saran dan masukan ini penting dilaksanakan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Pelaksanaan Ujian Nasional telah diatur di dalam Standar Nasional yaitu, Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0043/P/BNSP/I/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 serta Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan.

Dalam peraturan tersebut mengatur persyaratan peserta ujian, pantia ujian, kisi-kisi soal sampai kesempatan bagi peserta Ujian Nasional untuk menyampaikan pengaduan apabila, menemukan pelanggaran dalam pelaksanaan ujian.

Kehadiran Ombudsman memiliki peranan penting dalam mengawal keberhasilan pelaksanaan ujian nasional tahun ini. Melalui Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik memuat partisipasi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan.

Ombudsman membuka layanan pengaduan terkait pelaksanaan UN tahun 2017, yaitu melalui call center 137 dan SMS Pengaduan di nomor telepon 082-33-737-37-37. Masyarakat juga dapat menyampaikannya secara langsung dengan datang ke kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Jl. Erlangga II No. 4.

Kami informasikan nomor telefon/fax Ombudsman Jawa Tengah adalah 844-2627. Kami juga aktif di media sosial untuk menerima pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik.

Masyarakat dengan mudah dapat menyampaikannya melalui akun facebook kami di Ombudsman Jateng dan Twitter di @JatengOmbudsman. Apabila masyarakat menemukan pelanggaran dalam pelaksanaan ujian nasional jangan ragu untuk melaporkannya kepada kami.

(Puthut Ami Luhur/CN19/SMNetwork)

Ombudsman Dukung Peserta Didik Berani Lapor Reviewed by on . [caption id="attachment_595881" align="alignnone" width="400"] Foto banyuwangi.asia[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa [caption id="attachment_595881" align="alignnone" width="400"] Foto banyuwangi.asia[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Rating: 0