Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Nasional » Menpan Minta PNS Mampu Bawa Indonesia ke Kancah Kompetisi Global

Menpan Minta PNS Mampu Bawa Indonesia ke Kancah Kompetisi Global

21 April 2017 5:36 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
foto: istimewa

foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur  meminta Pegawai Negeri Sipil sebagai penyelenggara negara, harus mampu membawa Indonesia ke dalam kancah kompetisi global, di mana pemerintah tiap negara bersaing dalam memajukan negara dan meningkatkan kemakmuran rakyatnya dengan menarik serta meraih kepercayaan para investor untuk  berinvestasi dalam bidang ekonomi.

Untuk mewujudkan cita-cita ini, dibutuhkan PNS yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang profesional serta sanggup melakukan perubahan revolusional dalam birokrasi guna membangun tata kelola pemerintah yang berintegritas dan dapat dipercaya oleh masyarakat internasional.

“PNS sebagai penyelenggara negara harus jadi motor perubahan Indonesia dengan gagasan dan ide baru yang inovatif, karena kompetitor kita saat ini adalah pemerintah negara lainnya,” tegas Menpan saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Reformasi Birokrasi Reform Leader Academy (RLA) Angkatan VI 2017 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta.

Di hadapan 25 peserta RLA Angkatan VI yang telah terseleksi ketat dari berbagi instansi pusat maupun daerah tersebut, Menteri Asman mengingatkan, bahwa PNS merupakan sebuah profesi ekslusif yang saat ini hanya bisa diisi oleh SDM pilihan yang cerdas.

“Pemerintah harus diselenggarakan oleh PNS yang cerdas serta profesional, dengan demikian Indonesia akan maju pesat karena rakyatnya patuh dengan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah,” ujar MenPANRB.

Terlebih lagi dengan terbitnya PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang baru saja terbit, lanjut Menteri Asman, para PNS dijamin akan menerima fasilitas pendidikan serta pelatihan minimal 20 jam per tahunnya untuk mengasah kualifikasi dan kompetensi PNS tersebut dalam menjalankan tugasnya.

“Untuk itu, saya minta bagi seluruh peserta untuk memberikan totalitasnya dalam Pelatihan Kepemimpinan Reformasi Birokrasi ini, sehingga ketika saat kembali ke instansi masing-masing, saudara dapat membuat perubahan yang signifikan dalam reformasi birokrasi untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat serta menciptakan birokrasi yang efektif, efisien, serta profesional,” ujar Menteri Asman.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Menpan Minta PNS Mampu Bawa Indonesia ke Kancah Kompetisi Global Reviewed by on . [caption id="attachment_937151" align="alignnone" width="400"] foto: istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re [caption id="attachment_937151" align="alignnone" width="400"] foto: istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re Rating: 0