Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Solo Metro » Luasan TPS Disarankan Ditambah

Luasan TPS Disarankan Ditambah

21 Maret 2017 3:33 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
KEREPOTAN MELINTAS: Sampah yang masih menutup jalan di Dukuh Sanggrahan RT 1 RW 21, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

KEREPOTAN MELINTAS: Sampah yang masih menutup jalan di Dukuh Sanggrahan RT 1 RW 21, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Pemerintah Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo disarankan menambah luasan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang menutup akses jalan warga itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo, Sartono mengungkapkan, pihaknya sudah menerima keluhan warga. Bahkan perwakilan perangkat Desa Makamhaji baru saja disarankan untuk menambah luasan TPS yang menutup akses warga Dukuh Sanggrahan dengan Dukuh Tirisan tersebut. “Bahkan tadinya truk mengangkut dua kali, saat ini sudah tiga kali setiap minggunya. Tapi memang TPS kurang representatif dan luas,” ungkap dia, Senin (20/3).

Lebih lanjut Sartono menerangkan, permasalahan melubernya sampah ke jalanan, bukan disebabkan karena permasalahan pengangkutan ke TPA Mojorejo. Namun luasan TPS yang hanya 3×6 meter.

Untuk itu sebaiknya pemeritah Desa Makamhaji mempertimbangkan penataan TPS. Apalagi jika di kawasan yang masuk RT 1 RW 21 itu, masih ada lahan kosong yang bisa digunakan untuk perluasan. “Kami sarankan juga dibuat tembok keliling, sehingga tidak ke jalanan. Ada atapnya juga,” terangnya.

Dikatakan, dari data yang diterima pengelola sampah di Desa Makamhaji, di TPS tersebut setiap hari menghasilkan 6 meter kibik. Menurut dia, dengan pengangkutan sampah sebanyak tiga kali dalam seminggu, seharusnya permasalahan sampah yang meluber tidak terjadi.

Dia juga memperingatkan pengelola sampah untuk memperbaiki managemennya, agar segera teratasi. “Petugas kami sesuai prosedur, mengangkut sampah tiga kali. Makanya itu harus dikelola benar samoah di sana,” tutur dia.

Warga di lingkungan RT 1, M.Sahid (45) mengharapkan permasalahan sampah yang meluber ke jalanan benar-benar dituntaskan. Tidak hanya menganggu bagi warga dan pengendara. Bahkan bau tidak sedap sering tercium pada radius ratusan meter. Karena sebelumnya sampah terus tertimun.

Dia mengaku, meskipun sampah mulai diambil sebanyak tiga kali dalam seminggu, belum berdampak positif. “Sebagian jalan kan masih tertutup. Warga menunggu jalanan benar-benar bersih,” harapnya.

(Asep Abdullah/CN39/SM Network)

Luasan TPS Disarankan Ditambah Reviewed by on . [caption id="attachment_982574" align="alignnone" width="400"] KEREPOTAN MELINTAS: Sampah yang masih menutup jalan di Dukuh Sanggrahan RT 1 RW 21, Desa Makamhaj [caption id="attachment_982574" align="alignnone" width="400"] KEREPOTAN MELINTAS: Sampah yang masih menutup jalan di Dukuh Sanggrahan RT 1 RW 21, Desa Makamhaj Rating: 0