Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Kedu » Lima Kecamatan di Bantul Rawan Longsor

Lima Kecamatan di Bantul Rawan Longsor

19 Maret 2017 19:48 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Ilustrasi - istimewa

Ilustrasi – istimewa

BANTUL, suaramerdeka.com – Sedikitnya lima kecamatan di Kabupaten Bantul, rawan longsor. Kelima kecamatan itu, adalah Pundong, Piyungan, Dlingo, Pajangan dan Imogiri. Dari lima kecamatan itu, sedikitnya ada 2.235 warga.

“Dari jumlah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul sejak tahun 2009 sudah merelokasi sebanyak 104 warga. Apa yang kami sampaikan ini hasil dari pemetaan yang kami lakukan” ujar Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanta, Minggu (19/3).

Lebih lanjut Dwi Daryanta mengatakan, warga yang berdiam di kawasan rawan longsor tersebar di lima kecamatan. Yaitu Pundong, Piyungan, Imogiri, Ndlingo, dan Pajangan. Bahkan saat hujan kemarin malam, sempat terjadi tanah longsor di Kecamatan Imogiri, namun tidak sampai menumbulkan korban jiwa.

‚ÄúDengan menggunakan dana APBD Provinsi dan BPBD Pusat, hingga akhir tahun kemarin, sudah 104 warga yang berhasil kita relokasi ke tempat aman dan berada di satu wilayah. Sabtu (18/3) di wilayah Imogiri sempat terjadi tanah longsor, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa walau longsoran itu sempat mengenai sisi rumah,” imbuhnya.

Mengingat banyaknya warga yang harus direlokasi dan keterbatasan anggaran, Dwi menyatakan mulai tahun ini program relokasi yang dijalankan menargetkan lima warga. Di 2017, empat warga dari Desa Mangunan dan satu warga Muntuk, keduanya di Ndlingo, akan direlokasi ke tanah kas desa yang aman dari longsor.

Untuk mempercepat program relokasi warga, BPBD berinisiatif mengandeng berbagai perusahaan negeri mau pun perusahaan swasta untuk menyalurkan dana pertanggung jawaban sosialnya (CSR).

“Mengingat dana yang kami miliki tidak cukup atau belum ada, maka kami mengajak swasta untuk bersama-sama membantu mereka dari ancaman bahaya tanah longsor,” pungkas Dwi.
(Sugiarto/CN40/SM Network)

Lima Kecamatan di Bantul Rawan Longsor Reviewed by on . [caption id="attachment_843786" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi - istimewa[/caption] BANTUL, suaramerdeka.com - Sedikitnya lima kecamatan di Kabupaten [caption id="attachment_843786" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi - istimewa[/caption] BANTUL, suaramerdeka.com - Sedikitnya lima kecamatan di Kabupaten Rating: 0