Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Muria » Kreasi dan Inovasi Dinilai Bisa Mengdongkrak Penjualan Produk

Kreasi dan Inovasi Dinilai Bisa Mengdongkrak Penjualan Produk

19 Maret 2017 0:53 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
KREATIFITAS: Salah satu kreatifitas yang dilakukan oleh perajin replika kapal tanker di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati Kudus. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

KREATIVITAS: Salah satu kreativitas yang dilakukan oleh perajin replika kapal tanker di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati Kudus. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

KUDUS,suaramerdeka.com – Kreasi dan inovasi (krenova) yang diimplementasikan oleh pelaku usaha baik itu kerajinan maupun usaha di sektor lain bisa mendongkrak angka penjualan produk. Meski demikian hal ini tampaknya belum banyak dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut. Padahal apabila krenova produk tersebut dilakukan maka akan menguntungkan bagi pelaku usaha.

Kepala Bidang Litbang pada Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kudus, Gunadi kemarin menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan bagi masyarakat yang memiliki sesuatu yang berbeda namun hal tersebut merupakan suatu hal yang orisinil ciptaan sendiri.

“Tidak hanya produk kerajinan, namun temuan apapun yang merupakan hasil karya sendiri dan bisa diproduksi dalam jumlah banyak,” katanya.

Pihaknya memberikan contoh, beberapa pekan lalu pihaknya menjumpai perajin berbagai replika kapal di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati Kudus. “Sejumlah hal yang menjadi pertimbangan bahwa kerajinan tersebut mengimplementasikan krenova yakni dikarenakan jenis produk dan bahan baku yang digunakan berbeda,” katanya.

Ia menuturkan, jenis produknya adalah replika kapal dengan sekala yang kecil, dan hal itu tidak banyak orang yang bisa membuatnya, utamanya dalam jumlah banyak.

“Kemudian bahan baku yang digunakan adalah bahan baku bekas yang didaur ulang dan dibentuk menjadi replika kapal, dan tentunya hal tersebut yang bisa mendongkrak nilai jual produk,” paparnya.

Tidak Banyak

Itu menjadi salah satu contoh kerajinan yang mengimplementasikan krenova, hanya saja hal ini tidak banyak ditemui. “Selain itu juga sulit menemukan perajin yang mengimplementasikan krenova, karena tidak semua bisa memiliki inovasi produk yang lain daripada yang lain,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa krenova juga bisa menjadi bagian dari upaya pengembangan usaha, meski hal tersebut perlu dilakukan kerja keras. “Agar hasil produknya maksimal, dan bisa laku di pasaran,” tandasnya.

(Ruli Aditio/CN39/SM Network)

Kreasi dan Inovasi Dinilai Bisa Mengdongkrak Penjualan Produk Reviewed by on . [caption id="attachment_980594" align="alignnone" width="389"] KREATIVITAS: Salah satu kreativitas yang dilakukan oleh perajin replika kapal tanker di Desa Jati [caption id="attachment_980594" align="alignnone" width="389"] KREATIVITAS: Salah satu kreativitas yang dilakukan oleh perajin replika kapal tanker di Desa Jati Rating: 0