Minggu , 30 April 2017

Home » Nasional » KPU Minta DPR Segera Sahkan RUU Pemilu

KPU Minta DPR Segera Sahkan RUU Pemilu

21 April 2017 20:15 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/Dok

Foto: suaramerdeka.com/dok

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengharapkan DPR segera merampungkan pembahasan Rancangan Undang Undang (UU) Pemilu dan mengesahkan menjadi UU. Hal ini penting, mengingat makin cepat pengesahan UU Pemilu, maka KPU memiliki cukup waktu mempersiapkan proses pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) pada 2019 mendatang.

Komisioner KPU Pusat, Wahyu Setiawan mengatakan, idealnya RUU tersebut sudah bisa disahkan pada April ini, karena ada persiapan waktu setahun dari pelaksanaan Pileg dan pilpres serentak 2019. “Kami berharap DPR dapat segera merampungkan pembahasan RUU Pemilu sehingga dapat segera diundangkan. Kami mendengar, ada sejumlah pasal krusial yang telah disepakati antarfraksi. Namun, ada pula pasal yang belum menentu,” kata Wahyu usai sosialisasi Pemilu di Pendapa Si Panji Purwokerto, Jumat (21/4).

Karena pembahasan RUU ada di tangan wakil rakyat, lanjut dia, KPU hanya bisa berharap. Semkain cepat diselesaikan, maka tahapan untuk sosialsiasi dan persiapan pelaksanaan semakin matang. “Karena waktu pelaksanaan pileg dan pilpres sudah ditetapkan April 2019, ini tergantung dari kapan RUU Pemilu bisa disahkan. Kalau pengesahannya masih jauh, ya mau tidak mau nanti kami harus bisa mengatur waktu,” akunya.

Mengenai pembahasan RUU Pemilu yang masih krusial dan perlu ada perubahan atau penyesuaian, dia mencontohkan soal daerah pemilihan (dapil) dan penambahan kursi DPR. Jika ada penambahan kursi DPR, sudah barang tentu dapil juga bertambah. “Kalau sebelumnya, alokasi kursi setiap dapil berkisar antara 3-12 kursi. Namun, kini ada beberapa daerah yang telah melampaui, sehingga dapil harus disesuaikan,”ujar Wahyu.

Soal Pilkada Serentak 2018, kata dia, seluruh KPU provinsi dan kabupaten/kota telah siap melaksanakan. Waktu sudah disepakati, dilaksanakan Rabu tanggal 27 Juni 2017. “Untuk Pilkada serentak pada 2018, tidak ada masalah. Saat ini, KPU provinsi dan kabupaten/kota sudah mulai menyusun anggaran dan tahapan. Tahapan resmi dimulai September mendatang,” katanya.

(Agus Wahyudi/CN38/SM Network)

KPU Minta DPR Segera Sahkan RUU Pemilu Reviewed by on . [caption id="attachment_84522" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/dok[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) me [caption id="attachment_84522" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com/dok[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) me Rating: 0