Kamis , 27 April 2017

Home » Nasional » Konsorsium Dibentuk untuk Menangkan PNRI di Proyek E-KTP

Konsorsium Dibentuk untuk Menangkan PNRI di Proyek E-KTP

21 April 2017 22:00 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: liputan6

Foto: liputan6

JAKARTA, suaramerdeka.com - Jimmy Iskandar Tedjasusila alias Bobby menegaskan dua konsorsium dibentuk untuk tujuan mengawal agar konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) memenangi lelang proyek e-KTP. Saksi dari PT Java Trade Utama ini membenarkan bila tiga konsorsium yang mengikuti lelang proyek e-KTP merupakan satu tim.

“Tiga konsorsium ini kan berasal dari tim yang sama. Ini jadi apakah Astra Graphia dan Murakabi sengaja dibuat konsorsium hanya untuk mendampingi PNRI menang?” tanya Tim Jaksa KPK dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Kamis (20/4).

“Ya betul,” jawab Bobby.

Dia menjelaskan awalnya tim mengumpulkan sepuluh perusahaan besar. Kemudian, perusahaan-perusahaan itu dipecah menjadi tiga dan diminta mencari anggotanya. “Mendekati pengumuman dikumpulkan sepuluh perusahaan. Yang kakap-kakap dibawa. Terus dipecah tiga, lalu disuruh cari anggotanya. Java Trade tidak masuk konsorsium mana pun, yang keteteran itu Murakabi karena baru,” papar Bobby.

Dalam surat dakwaan yang disusun KPK, kesepakatan itu dicapai antara Irman, Sugiharto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Diah Anggraini, dan tim Fatmawati. Kesepakatan itu agar pelelangan diarahkan untuk memenangkan konsorsium PNRI. Untuk itu dibentuk pula konsorsium Astra Graphia dan Murakabi Sejahtera sebagai peserta pendamping.

Konsorsium PNRI terdiri dari Perum PNRI, PT LEN Industri, PT Quadra Solution, PT Sucofindo, dan PT Sandipala Artha Putra. Konsorsium Astra Graphia terdiri dari PT Astra Graphia IT, PT Sumber Cakung, PT Trisaksi Mustika Graphika, dan PT Kwarsa Hexagonal. Konsorsium Murakabi terdiri dari PT Murakabi, PT Java Trade, PT Aria Multi Graphia, dan PT Stacopa.

(Budi Yuwono/CN38/SM Network)

Konsorsium Dibentuk untuk Menangkan PNRI di Proyek E-KTP Reviewed by on . [caption id="attachment_1017719" align="alignnone" width="400"] Foto: liputan6[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Jimmy Iskandar Tedjasusila alias Bobby mene [caption id="attachment_1017719" align="alignnone" width="400"] Foto: liputan6[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Jimmy Iskandar Tedjasusila alias Bobby mene Rating: 0