Minggu , 30 April 2017

Home » Semarang Metro » Konsesus Pancasila Harus Dijaga Agar Keutuhan Bangsa Dipertahankan

Konsesus Pancasila Harus Dijaga Agar Keutuhan Bangsa Dipertahankan

21 April 2017 5:24 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
SEMINAR: Seminar Nasional Keindonesiaan II dengan tema "Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketahanan Nassional Kontemporer" di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Kamis (20/4). (suaramerdeka.com / Puthut Ami Luhur)

SEMINAR: Seminar Nasional Keindonesiaan II dengan tema “Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketahanan Nassional Kontemporer” di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Kamis (20/4). (suaramerdeka.com / Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Konsesus dasar Pancasila harus dijaga setiap warga Indonesia agar keutuhan bangsa bisa terus dipertahankan. Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Prof Magnis Suseno menyatakan, setiap warga negara harus memiliki kesediaan untuk saling menerima kekhasan masing-masing, pluralisme atau keberagaman.

“Tantangan ketahanan bangsa ini datang bukan dari luar, melainkan dari bangsa itu sendiri. Ada tiga sudut ancaman yang dari dalam bangsa yakni konsumerisme, ketegangan antar etnis dan budaya lokal yang berbeda, serta ideologi radikalisme agama,” katanya dalam Seminar Nasional Keindonesiaan II dengan tema “Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketahanan Nassional Kontemporer” di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Kamis (20/4).

Ia menyebut Indonesia adalah negara yang majemuk dan mampu bersatu dalam sebuah beragaman walaupun memiliki latar belakang yang berbeda. Hal tersebut bisa terjadi lantaran bangsa Indonesia menjaga dan memegang teguh filsafat Pancasila walaupun dengan identitas budaya yang begitu kuat.

“Pancasila merupakan unsur kunci mengembalikan ketahanan nassional. Masing-masing sila pada Pancasila memiliki nilai-nilai dasar dan cita-cita bangsa yang luhur yang jika satu saja diabaikan, akan mengancam kebersamaan bangsa,” tambahnya.

Menurutnya tantangan terbesar Bangsa Indonesia terletak pada ke-Bhinnekaannya. Bagaimana cara menjaga ratusan budaya, etnis, bahasa, suku, dan sekian penganut agama yang berbeda bisa membentuk suatu bangsa. “Agar persatuan terus terjaga, generasi muda saat ini perlu diberikan penanaman karakter yang kuat sebagai bangsa Indonesia. Selain itu juga adanya saling menjaga antara  mayoritas maupun minoritas memiliki kedudukan dan hak yang sama,” tuturnya.

Sementara Prof Armaidy Armawi Kepala Prodi Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana Universitas Gajahmada (UGM) menyatakan, toleransi kian memudar lantaran ditribusi sumber daya manusia tidak berjalan dengan baik. Kondisi saat ini satu persen orang bisa menguasai 50 persen hajat hidup orang banyak yang disebabkan pemerintah tidak bisa mendistribusikan hak dan peluang yang sama kepada setiap warga negara.

“Ada yang mengandalkan power sehingga kesempatannya tidak sama walaupun hak dan peluang yang diberikan sama, hingga terjadi kesenjangan sosial yang begitu besar yang menyebabkan intoleransi dan perbuatan radikal,” tambahnya.

(Puthut Ami Luhur / CN26 / SM Network)

Konsesus Pancasila Harus Dijaga Agar Keutuhan Bangsa Dipertahankan Reviewed by on . [caption id="attachment_1017394" align="alignnone" width="400"] SEMINAR: Seminar Nasional Keindonesiaan II dengan tema "Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketaha [caption id="attachment_1017394" align="alignnone" width="400"] SEMINAR: Seminar Nasional Keindonesiaan II dengan tema "Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketaha Rating: 0