Kamis , 30 Maret 2017

Home » Suara Banyumas » Kejaksaan Usut Penarikan Sewa Ruko Kebondalem

Kejaksaan Usut Penarikan Sewa Ruko Kebondalem

20 Maret 2017 19:57 WIB Category: Suara Banyumas Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kejaksaan Negeri Purwokerto tengah menelusuri penarikan uang sewa bangunan gedung dan sewa tanah yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggungjawab, saat kawasan Kebondalem dalam sengketa hukum. Uang sewa tersebut dinyakini tidak masuk ke kas daerah (pemkab) maupun ke PT Graha Cipta Guna (GCG), selaku pihak pengelola, sesuai perjanjian tahun 1980,1982 dan 1986. Sejumlah keterangan dan fakta sudah didapat.

“Dari pendampingan hukum penyelesaian perkara Kebondalem ini, ada fakta baru yang sedang kami telusuri, ternyata selama ini ada penarikan uang sewa (bangunan dan tanah, red) tidak masuk ke daerah mapun PT GCG. Ini yang jadi salah satu alasan PT GCG mengajukan gugatan tahun 2007 yang akhirnya berdampak seperti sekarang ini,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto, Rina Verawaty, Senin (20/3).

Menurutnya, penarikan sewa tersebut bisa saja dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan pemkab atau mengatasnamakan dari pihak pengelola. Saat proses pendampingan ini, baik dari pemkab dan PT GCG, kata dia, juga tidak ditemukan bukti ada penarikan. “Beberapa keterangan yang sudah masuk, penarikan itu memang ada selama ini. Ini berlangsung sebelum tahun 2007 maupun setelah tahun 2008, saat pengacara PT GCG mengajukan ke pengadilan untuk penetepan status quo Kebondalem karena dalam sengketa hukum. Sampai 2016, tetap da penarikan,” ujarnya.

Kajari menyatakan, saat itu jika penarikan sewa tersebut tetap dilakukan pihak pengugat (PT GCG) semula CV Bali, sebagai pemasukan atas hak pengelolaan. maka secara otomatis mereka merasa tidak dirugikan atau menikamati keuntunagn atau manfaat. “Ini ada potensi merugikan negara dari penarikan oleh oknum-konum tertentu, karena kalau uang sewa tersebut masuk ke mereka dan perusahaan tersebut tidak mengugat, otomatis tidak akan ada masalah seperti ini. Jadi unsur merugikan negara tetap bisa kita tangani,” tandasnya. (Agus Wahyudi/CN38/SM Network)

Kejaksaan Usut Penarikan Sewa Ruko Kebondalem Reviewed by on . [caption id="attachment_128615" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kejaksaan Negeri Purwokerto tengah menelu [caption id="attachment_128615" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kejaksaan Negeri Purwokerto tengah menelu Rating: 0