Senin , 26 Juni 2017

Home » Nasional » Kamarudin Amin: Indonesia Laboratorium Keberagaman Dunia

Kamarudin Amin: Indonesia Laboratorium Keberagaman Dunia

20 Mei 2017 5:12 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

BOGOR, suaramerdeka.com – Indonesia adalah negara besar dan paling majemuk di dunia. Mempunyai jumlah penduduk yang besar, ribuan pulau, ratusan bahasa dan suku serta kekayaan adat istiadat. Perbedaan itu akan melahirkan potensi konflik yang luar biasa maka diperlukan manajemen keragaman (diversity managemen).

Pernyataan itu dikemukakan Kamarudin Amin Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama saat memberikan materi dalam kegiatan Sosialisasi Konstitusi Bagi Mahasiswa PTKI se-Indonesia, di Bogor belum lama ini.

“Akhir-akhir ini kita sedang mengalami ujian kebhinekaan. Ruang public kita dipenuhi dengan diskursus tentang hubungan Islam dan Negara, Islam hubungannya dengan dunia dan diskursus keagamaan dan kebangsaan. Interaksi global dunia tak terbatas dan semua negara mengalami ancaman identitas yang serius” kata Kamar.

Namun demikian, lanjut Guru Besar Hadits UIN Alaudin Makasar, Indonesia telah terbukti sukses mengelola perbedaan itu dengan baik. Konflik-konflik muncul relatif mampu diselesaikan, sehingga negeri ini aman dan tetap utuh. “Indonesia layak menjadi guru semua negara dalam mengelola keberagaman. Dalam bahasa lain Indonesia disebut sebagai laboratorium keragaman di dunia,” kata dia.

Di hadapan pimpinan Dewan Eksekutif Mahasiswa PTKI tidak lupa Kamarudin menyampaikan visi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan global tersebut, yaitu Indonesia harus menjadi pusat peradaban dunia Islam dan Indonesia harus menjadi pusat belajar Islam di seluruh dunia.

Alasannya kata Kamar, Indonesia mempunyai modal infrastruktur sosial yang cukup. Ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, Al-Wasliyah, Al Khairat, semuanya mempromosikan Islam yang damai dan toleran dan itu tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Hal lainnya kita mempunyai ribuan lembaga pendidikan Islam dengan jumlah peserta didik jutaan yang tidak dimiliki oleh Negara Islam manapun. 30 ribu pondok pesantren dengan 4 juta santri, 84 MDT dengan 6 juta santri dan memiliki 75 ribu Madrasah serta 700 PTKI se-Indonesia.

(Rosikhan Anwar / CN26 / SM Network)

Kamarudin Amin: Indonesia Laboratorium Keberagaman Dunia Reviewed by on . [caption id="attachment_1047072" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / dok[/caption] BOGOR, suaramerdeka.com - Indonesia adalah negara besar d [caption id="attachment_1047072" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / dok[/caption] BOGOR, suaramerdeka.com - Indonesia adalah negara besar d Rating: 0