Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Semarang Metro » Kadin Jateng dan Jerman Jajaki Kerja Sama Pendidikan Vokasi

Kadin Jateng dan Jerman Jajaki Kerja Sama Pendidikan Vokasi

20 Maret 2017 21:06 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
KERJA SAMA: Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit SW didampingi Koordinator Program IHK Kadin, Trier Andreas Gosche bersalaman dengan IHK Kadin Jerman, Johanna Speckmayer bersama Direktur Edukadin, Agustina Devi di Kantor Kadin Jateng di Menara Suara Merdeka, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Fista Novianti)

KERJA SAMA: Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit SW didampingi Koordinator Program IHK Kadin, Trier Andreas Gosche bersalaman dengan IHK Kadin Jerman, Johanna Speckmayer bersama Direktur Edukadin, Agustina Devi di Kantor Kadin Jateng di Menara Suara Merdeka, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kadin Jateng bersama Kadin Jerman mulai menjajaki kerja sama pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja yang ahli, terampil dan siap kerja, serta mampu bersaing secara global.

Direktur Edukadin Agustina Devi menuturkan, pada 2012-2015 Kadin Jateng telah bekerja sama dengan Industrie-und Handelskammer (IHK) Kadin Hochrhein-Bodensee Jerman. Kemudian, pada 2015-2018 Kadin Jateng melanjutkan kerja sama dengan IHK Kadin Trier Jerman, yaitu salah satu Kadin di negara bagian Jerman. Kerja sama meliputi saling tukar menukar ilmu dan pelatihan mengenai pendidikan vokasi atau pendidikan kejuruan.

Selama ini Edukadin sebagai lembaga pendidikan yang dibentuk Kadin Jateng berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada seluruh pelaku bisnis. Dalam memberikan pelatihan, tentu Kadin Jateng membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak. Salah satunya dengan Kadin Jerman.

“Kerja sama ini mencakup pendidikan kejuruan untuk menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan profesional, mencetak tenaga kerja terampil, siap kerja sehingga bisa langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri. Kadin Jateng mendatangkan instruktur yang ahli dari Jerman untuk berbagi pengalaman mengenai pendidikan vokasi di Jerman,” tuturnya di Kantor Kadin Jateng di Menara Suara Merdeka, Senin (20/3).

IHK Kadin Jerman, Johanna Speckmayer mengatakan, pendidikan kejuruan diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu. Beban pengajaran pada program pendidikan vokasi telah disusun lebih mengutamakan beban mata kuliah keterampilan dibandingkan dengan mata kuliah teori.

“Negara Jerman telah menerapkan pendidikan vokasi dimana 70% langsung praktik di perusahaan atau dunia industri dan 30% berupa teori di sekolah,” katanya.

Jerman, kata dia, telah menganut sistem ganda dimana ada dua tempat belajar. Pertama, kegiatan belajar ada di tempat magang atau perusahaan dan kedua di sekolah. Berbeda dengan Indonesia, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi kegiatan teori. Yohana akan menggambarkan pendidikan vokasi di Jerman kepada sejumlah dosen Universitas Diponegoro (Undip) pada Selasa (21/3) ini di Hotel Patra Jasa.

Koordinator Program IHK Kadin Trier Andreas Gosche menambahkan, Kadin Jateng merupakan satu-satunya Kadin di Indonesia yang memiliki lembaga pendidikan Edukadin. Program ini perlu dicontoh bagi Kadin lainnya di Indonesia. Tujuan dari Edukadin adalah mencetak para pengusaha dan tenaga kerja untuk memiliki kemampuan yang terampil di bidangnya. Kerja sama dengan Kadin Jerman diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkompeten dan bersaing secara global.

Ada pun, sejumlah materi yang akan dilaksanakan di antaranya meliputi manajemen HRD, manajemen keuangan, perpajakan, marketing, ekspor impor, leadership & coaching, internet marketing dan general manajemen.
(Fista Novianti/CN40/SM Network)

Kadin Jateng dan Jerman Jajaki Kerja Sama Pendidikan Vokasi Reviewed by on . [caption id="attachment_982328" align="alignnone" width="400"] KERJA SAMA: Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit SW didampingi Koordinator Program IHK Kadin, Trier An [caption id="attachment_982328" align="alignnone" width="400"] KERJA SAMA: Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit SW didampingi Koordinator Program IHK Kadin, Trier An Rating: 0