Senin , 26 Juni 2017

Home » Solo Metro » Kades Tawangsari Masuk Nominator Penerima Kalpataru

Kades Tawangsari Masuk Nominator Penerima Kalpataru

19 Mei 2017 7:48 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com / Budi Sarmun S

Foto: suaramerdeka.com / Budi Sarmun S

BOYOLALI,suaramerdeka.com - Yayuk Tutik Supriyanti masuk sebagai salah satu calon penerima Penghargaan Kalpataru 2017 mewakili Jateng. Kepala Desa Tawangsari, Teras, Boyolali ini masuk nomonator penerima penghargaan tahunan itu karena kepeloporan dan prestasinya dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (LH) dan kehutanan.

Yayuk mengungkapkan, meski baru tahapan nomonasi, dirinya sangat terhormat mendapatkan penghargaan ini. Tak pernah terbersit dibenaknya bisa dimasukkan dalam nominator penghargaan prestisius itu.

Apalagi sampai pemerintah mengapresiasi kiprahnya menciptakan kepeloporan pengelolaan lingkungan di tengah-tengah masyarakat. “Tak terbayang saya bisa dinominasikan mendapatkan penghargaan (Kalpataru) itu. Ini jelas membuat saya senang,” katanya.

Kades perempuan ini semakin terkesan, di kala sejumlah utusan dari Kementerian LH dan Kehutanan berkunjung ke desanya untuk melakukan verivikasi nominasi. Apalagi salah satu tahapan penentuan penilaian penerima Kalpataru itu dilaksanakan siang dan malam melibatkan warganya.

“Selama dua hari, Senin-Selasa (8-9/5) pagi-malam petugas keliling desa, mengecek satu persatu data lapangan. Kegiatan itu sangat membanggakan kami dan masyarakat sini,” bebernya.

Pemerintah pusat mengapresiasi kegiatan penanaman tumbuhan produktif yang dilakukan warga Penjalinan RT 01/01 Teras, Boyolali. Tak hanya menghijaukan desanya, penanaman pohon produktif seperti, nangka, sirsak, jambu, dan buah naga yang totalnya mencapai 8.000 pohon, ternyata bisa mengangkat ekonomi masyarakat.

Yayuk pun tak mengelak hal itu. Andilnya mengajak masyarakat menanam tumbuhan produktif ini menjadi sorotan hingga berbuah mengangkat namanya di kancah nasional. Ia mengaku sejak empat tahun memimpin Tawangsari penanaman pohon produktif digetolkan.

Cara pelibatan masyarakat adalah mewajibkan mereka menanam pohon-pohon di lingkungnya masing-masing. “Saat warga selesai mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, sepulangnya diwajibkan menanam pohon. Bibit sudah disiapkan,” terangnya.

(Budi Sarmun S / CN26 / SM Network)

Kades Tawangsari Masuk Nominator Penerima Kalpataru Reviewed by on . [caption id="attachment_1046189" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / Budi Sarmun S[/caption] BOYOLALI,suaramerdeka.com - Yayuk Tutik Supriya [caption id="attachment_1046189" align="alignnone" width="400"] Foto: suaramerdeka.com / Budi Sarmun S[/caption] BOYOLALI,suaramerdeka.com - Yayuk Tutik Supriya Rating: 0