Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Suara Kedu » Kades Keluhkan Data Penerima Rastra di Kebumen

Kades Keluhkan Data Penerima Rastra di Kebumen

20 Maret 2017 23:18 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
RAKOR RASTRA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyampaikan sambutan pada Rakor dan Sosialisasi Program Subsidi Beras Sejahtera (Rastra) di Gedung Juang Kebumen, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

RAKOR RASTRA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyampaikan sambutan pada Rakor dan Sosialisasi Program Subsidi Beras Sejahtera (Rastra) di Gedung Juang Kebumen, Senin (20/3). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com – Para kepala desa (kades) mengeluhkan validitas data penerima subsidi beras sejahtera (rastra) yang jauh dari realitas. Data penerima yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Sehingga membuat banyak kepala desa yang nekat tidak memakai data penerima telah ditentukan.

Kepala Desa Seling, Kecamatan Karangsambung, Sutardjo mengatakan, data awal yang tidak pas menjadi bumerang di desa dalam penyaluran beras untuk masyarakat miskin. Banyak warga yang sudah meninggal mau pun pindah alamat masih, namanya masih tetap muncul. Padahal banyak warga miskin yang tidak tercantum sebagai penerima.

“Meski pun dilakukan pembaruan data, tetapi ternyata tetap saja memakai data yang lama,” ujar Sutarjo saat Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Program Subsidi Beras Sejahtera (Rastra) di Gedung Juang Kebumen, Senin (20/3).

Rakor yang dibuka oleh Bupati Kebumen, Muhammad Yahya Fuad itu diikuti oleh tim koordinasi rastra kabupaten, Perum Bulog, camat, kepala desa dan lurah selaku pelaksana distribusi rastra. Hadir Asisten II Sekda Kebumen, Tri Haryono dan Kabag Perekonomian Setda Kebumen, Wahyu Siswanti. Acara itu juga menghadirkan narasumber dari Biro Perekonomian Setda Jateng, BPS, Perum Bulog Sub Divre V Kedu dan Kades Kretek, Kecamatan Rowokele.

Hal senada disampaikan Kades Pejengkolan, Muslimah. Menurut dia, jika sistem pendistribusian sesuai data BPS akan menyebabkan suasana desa tidak kondusif.

“Arep nyambut gawe (mau kerja) bener, tapi salah di desa,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya meminta solusi agar kepala desa tidak terjerat dalam persoalan beras untuk masyarakat miskin tersebut. “Saat ini kegotongroyongan menurun akibat Raskin,” katanya.

Keluhan lain disampaikan Kades Sidototo, Kecamatan Padureso, Sadiman. Bahwa data warga penerima beras miskin sangat dinamis setiap tahun, sehingga perlu diperbarui. Hal lain yang menjadi keluhan adalah buruknya kualitas beras miskin. Beras dinilai tidak layak konsumsi.

“Banyak warga yang terpaksa menukar beras dengan yang layak konsumsi,” jelasnya.

Membuat Pilot Project

Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad menyampaikan, Pemkab Kebumen akan membuat pilot project pendistribusian Rastra yang sesuai aturan. Hal ini lantaran di Kebumen masih banyak desa yang menyalurkan rastra dengan cara dibagi rata.

“Kami akan bikin pilot project di beberapa desa, kita kawal untuk berbuat baik bagi masyarakat,” kata Yahya Fuad.

Selama ini, dalam penyaluran beras subsidi khusus untuk masyarakat miskin dibagi rata. Sehingga masyarakat yang seharusnya tidak berhak ikut menerimanya.

“Rastra yang menjadi hak mutlak warga miskin, tapi karena kebijakan kades terbagi rata,” ujar bupati.

Bupati pun meminta kades untuk mendistribusikan rastra kepada yang berhak. Selain itu, masyarakat yang sudah mampu juga diminta untuk tidak meminta jatah.

“Meski dianggap sudah lumrah, kebiasaan akan mendorong masyarakat yang tidak miskin jadi miskin,” tegasnya.

Namun demikian, bupati mengaku bangga di Kebumen ternyata ada desa yang menjadi juara II tingkat Jawa Tengah sebagai desa penyalur rastra terbaik yakni Desa Kretek, Kecamatan Rowokele. Selain itu rastra tahun lalu terserap 100 persen.

Ada pun pagu rastra Kebumen tahun 2017 sebanyak 1.773.525 kilogram. Dari pagu tersebut dialokasikan untuk 118.235 rumah tangga sasaran (RTS). Ada pun Harga Tebus Rastra (HTR) tahun ini tidak mengalami kenaikan, yaitu sebesar Rp 1.600,-/kg.
(Supriyanto/CN40/SM Network)

Kades Keluhkan Data Penerima Rastra di Kebumen Reviewed by on . [caption id="attachment_982348" align="alignnone" width="400"] RAKOR RASTRA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyampaikan sambutan pada Rakor dan Sosialisasi [caption id="attachment_982348" align="alignnone" width="400"] RAKOR RASTRA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyampaikan sambutan pada Rakor dan Sosialisasi Rating: 0